Militer Filipina Kuasai Dua Kamp Abu Sayyaf di Basilan

Militer Filipina mengatakan bahwa pihaknya telah menguasai dua kamp pertahanan kelompok Abu Sayyaf di Basilan setelah melakukan pertempuran selama satu bulan.

Sebelumnya, telah terjadi pertempuran di kota Tip-Tipo yang menyebabkan sekitar 45 anggota kelompok Abu Sayyaf tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Kondisi terbaru adalah Pasukan Khusus yang berhasil menguasai Hill 355 di Barangay Silangkum, Tipo-Tipo, pada hari Senin.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Komando Mindanao Barat, Maj. Filemon Tan Jr., mengatakan bahwa kamp yang dikuasai di Hill 355 telah dilengkapi dengan bunker, terowongan dan lubang perlindungan. Kamp yang bisa menampung hampir 200 orang itu juga memiliki satu dapur dan pos keluar.

Batalyon Tentara Pasukan Khusus ke-4 , yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Andrew Bacala, menemukan dua alat peledak improvisasi dari posisi Abu Sayyaf. IED dicurangi sebagai jebakan untuk menunda pasukan pemerintah.

Army Special Forces troopers clearing the area around the captured bunker in Barangay Baguindan, Tipo-Tipo, Basilan.
Pasukan telah menetapkan posisi pertahanan di kamp untuk mencegah Abu Sayyaf datang kembali.

Tan juga mengatakan bahwa pasukan di bawah Joint Task Force Basilan telah menguasai satu kamp Abu Sayyaf di Hill 440, atau Kawilan Hill, di Barangay Baguindan Proper pada hari Minggu.

“Medan yang dihadapi untuk mengamankan mobilitas penting Abu Sayyaf dan mengintimidasi masyarakat sekitar,” kata Tan.

Tan menjelaskan bahwa pasukan serangan gabungan yang terdiri dari Pasukan Khusus, unit kontra-terorisme, armor ringan dan artileri telah memaksa Abu Sayyaf untuk meninggalkan kamp, yang memiliki tujuh lubang perlindungan dan 12 bunker yang bisa menampung sekitar 80 orang.

Sumber: http://www.philstar.com