Feb 052019
 

Desain dan penampilan pesawat tidak hanya mempengaruhi kecepatan dan manuver pesawat, tetapi juga menarik perhatian para penggemar dirgantara.

Pesawat tempur seperti F-16, Su-27, F-22 Raptor dan pesawat lawas MiG-21, F-14, dll adalah pesawat tempur yang sangat indah dengan kemampuan luar biasa.

Bukan hanya melahirkan pesawat tempur indah, beberapa negara maju ternyata juga merancang pesawat dengan desain “buruk rupa” dan aneh. Berikut adalah 9 pesawat dengan desain aneh dan buruk rupa.

A-10 Thunder II (foto:Common Wikipedia)

1. Pesawat serang A-10 Thunder II AS

Pesawat serang A-10 Thunder II adalah pesawat serang yang diproduksi oleh Fairchild Aircraft. Pesawat ini bertugas untuk memberikan dukungan tembakan jarak dekat bagi pasukan darat, termasuk menghancurkan kendaraan musuh, kendaraan lapis baja, posisi artileri dan target darat yang penting. Nama A-10 berasal dari pesawat tempur Thunder P-47 yang memiliki kemampuan luar biasa saat memberikan dukungan serangan dalam Perang Dunia II.

Namun, dibandingkan dengan Thunder, A-10 sering disebut sebagai Warthog oleh militer AS, karena memiliki penampilan yang relatif tidak sedap dipandang mata.

XF-85 (Foto:Common Wikipedia)

2. Pesawat Tempur Imut XF-85 Goblin AS

Pesawat tempur “Goblin” XF-85 adalah jet tempur kecil yang dirancang oleh militer AS untuk mengawal pembom jarak jauh AS. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur parasit yang dirancang oleh McDonnell Aircraft Corporation.

XF-85 bisa dimasukkan dalam kantung bom pesawat bomber besar, dan dilepaskan saat pembom dihadang pesawat tempur musuh.

XF-85 berhasil diuji pada tahun 1948, tetapi rencana itu gagal karena tidak dapat menyelesaikan problem ‘memasukkan kembali XF-85 ke bomber induk’. Selain itu mulai hadirnya pesawat tempur jarak jauh dan teknologi pengisian bahan bakar di udara membuat XF-85 semakin tidak menarik bagi militer AS. Meskipun “pesawat parasit” ini gagal bergabung dengan militer AS, sosoknya yang pendek dan gemuk sangat mengesankan.

Bomber Victor (Foto:Common Wikipedia)

3. Pembom “Victor” Inggris

Pesawat bomber Handley Page Victor diproduksi oleh Handley Page Limited dan merupakan pembom strategis terakhir yang dimiliki oleh Britania Raya, yang telah pensiun setelah berakhirnya Perang Dingin.

Walaupun memiliki penampilan yang aneh, namun pembom ini telah merasakan Perang Falkland, Perang Teluk Persia dan perang besar lainnya. Dalam dua perang terakhir, si Victor hanya berpartisipasi sebagai pesawat pengisian bahan bakar udara.

Gannet (Foto:Common Wikipedia)

4. Pesawat anti-kapal selam Inggris “Gannet”

Pesawat anti-kapal selam gannet adalah pesawat anti-kapal selam berbasis kapal induk yang dikembangkan oleh Inggris pada akhir Perang Dunia Kedua, pertama kali terbang pada tahun 1949 dan pensiun pada tahun 1978. Tidak hanya berfungsi sebagai pesawat anti-kapal selam, tetapi juga dapat difungsikan sebagai pesawat peringatan dini.

Angkatan laut Indonesia sendiri pernah mengoperasikan pesawan Gannet dan menerjunkannya dalam operasi Trikora di masa lalu.

Super Guppy (Foto:Common Wikipedia)

5. Super Guppy

Super Guppy adalah pesawat angkut misi khusus. NASA menugaskan produsen pesawat “Aero Spacelines” untuk mengkonversi pesawat penumpang Boeing 377 menjadi Super Guppy yang bertugas mengangkut komponen roket besar. Meskipun pesawat ini bukan pesawat militer, tubuhnya yang besar terlihat jelek dan aneh. Dilaporkan masih ada pesawat super Guppy bernama Skylink 4 yang masih beroperasi hingga kini.

Gloster Meteor (Foto:Common Wikipedia)

6. Pesawat tempur “Meteor” Inggris

Meteor Gloucester adalah jet tempur Inggris pertama dan jet tempur Sekutu pertama selama Perang Dunia II. Meteor melakukan penerbangan pertamanya pada 5 Mei 1943. Pada 27 Juli 1944, Meteor secara resmi bertugas di Skuadron Angkatan Udara Royal 616 (skuadron unit pelatihan dan tambahan, yang dibubarkan pada tahun 1957) dan dijuluki “Krim Kotak Daging”.

“Meteor” secara desain aerodinamis kurang matang, tetapi terkenal sebagai jet pertama di Inggris. Secara keseluruhan ada 12 negara yang menggunakannya sebagai pesawat tempur. Meteor semasa operasionalnya juga bertugas mencegat rudal V1 yang ditembakkan Jerman, dan tercatat sangat baik dalam hal prestasi.

Nimrod (Foto:Common Wikipedia)

7. Pesawat AWACS ” Nimrod” Inggris

Nimrod AWACS dikembangkan oleh Angkatan Udara Inggris pada akhir 1970-an untuk menggantikan pesawat peringatan dini “Shackleton” dan diproduksi oleh Hawker Siddeley. Pada tahun 1970-an, militer Inggris juga mengembangkan pesawat pengintai maritim, pesawat pengintaian intelijen elektronik, dan pesawat peringatan dini udara berdasarkan desain “Nimrod “. Namun, desain Nimrod terkendala sejumlah besar masalah dan tidak ada cukup dana untuk menyelesaikannya.

Yak-36 (Foto:Common Wikipedia)

8. Pesawat Vertikal Lepas Landas Yak-36 Uni Soviet

Yak-36 adalah pesawat uji teknis pertama buatan Uni Soviet yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL).

Sayap memiliki bentuk segitiga pendek, dengan sayap utama dan sayap ekor memiliki sudut sapuan yang besar, tetapi desain badan pesawat tidak sesuai untuk pesawat dengan kecepatan pesawat supersonik, yang mengakibatkan mesin tidak mampu menggenjot kecepatan pesawat melebihi kecepatan Mach 0.9.

Ruang internal pesawat terisi dua mesin yang membuat ruang untuk bahan bakar terbatas, dan sebagian besar bahan bakar habis digunakan untuk lepas landas dan mendarat secara vertikal, mengakibatkan jarak operasionalnya sangat pendek, kurang dari 560 kilometer.

Begitupun pada persenjataan dan sistem avioniknya yang sangat terbatas, tidak boleh melebihi 130 kilogram, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan peperangan. Hal paling mencolok pada desain Yak-36 adalah “antena baja” panjang di bagian depan yang membuat bentuknya aneh dan menakutkan.

Beriev VVA-14 (Foto:Common Wikipedia)

9. Pesawat anti-kapal selam VVA-14 Uni Soviet

Pada tahun 1972, Biro Desain Pesawat Uni Soviet mengembangkan pesawat anti-kapal selam VVA-14. Desain badan pesawat dibuat sependek dan sesempit badan mobil, hanya menyisakan sedikit ruang untuk para kru. VVA-14 dapat dioperasikan di darat, air dan salju, atau bahkan di laut. VVA-14 juga dapat lepas landas dan mendarat dari perairan laut dalam kondisi cuaca yang berat. Tidak seperti pesawat terbang dan helikopter lainnya, VVA-14 dapat mengambang di atas air dan sulit ditemukan oleh musuh.

Penampilan fighter VVA-14 bisa dikatakan seperti monster yang muncul dalam film-film fiksi ilmiah. Memiliki kelebihan mampu bertempur di darat, air, salju dan laut, hanya sayang memiliki desain yang buruk rupa.

Ettoday

  3 Responses to “9 Pesawat Penampilan “Aneh”, Satu Pernah Dimiliki Indonesia”

  1.  

    bentuknya aneh semua.
    tp yh pernah dimiliki negara kita yg nmr brp ya