Satkopaska TNI Angkatan Laut Lakukan Latihan Bersama dengan SSG Pakistan Navy

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) TNI Angkatan Laut menggelar latihan bersama dengan SSG Pakistan Navy. Latihan bersama tersebut dibuka oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, diwakili Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto di Markas Komando Satkopaska Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (18/8).

Laksamana Muda Ary Atmaja, seperti disampaikan oleh Waasops Kasal, mengatakan bahwa latihan bersama itu merupakan bentuk kerjasama antar negara yang dilandasi kepentingan bersama. Menurutnya, perkembangan lingkungan strategis telah menempatkan hubungan antara negara semakin kompleks, di samping senantiasa mempertimbangkan kepentingan nasional masing-masing.

Untuk menjaga kedaulatan serta integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala bentuk gangguan, hambatan serta ancaman baik yang potensial maupun faktual, sangat diperlukan kehadiran Tentara Nasional Indonesia yang kuat dan profesional serta mendapat dukungan baik moral maupun material dari seluruh komponen bangsa.

Dalam rangka mewujudkan postur TNI yang seperti itu, salah satu kebijakan pemimpin TNI Angkatan Laut adalah meningkatkan profesionalisme prajurit. Hal ini ditempuh dengan meningkatkan pengetahuan, keahlian dan sikap hidup yang dilandasi semangat juang moralitas dan jati diri sebagai seorang prajurit. Tolak ukur prajurit profesional adalah prajurit yang secara individu dan kelompok memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai standar yang dipersyaratkan, sehingga dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sesuai job description secara baik, benar dan tepat.

Menurut Asops Kasal, materi latihan kali ini difokuskan pada materi Visit Board Search And Seizure (VBSS) serta operasi manusia katak (frogman) dalam peperangan laut khusus. Melalui latihan ini diharapkan adanya peningkatan dalam berbagai hal, baik materi latihan, kebersamaan, kekeluargaan serta kerja sama antara Kopaska TNI Angkatan Laut dengan SSG Pakistan Navy. Latihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan prajurit Satkopaska dari segi teknik, taktik perorangan maupun tim, khususnya dalam penanggulangan teror di laut.

Satkopaska TNI Angkatan Laut adalah prajurit yang memiliki tugas khusus melaksanakan special warfare atau peperangan laut khusus. Oleh karena itu, pasukan tersebut dituntut terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya dengan berlatih secara terus menerus. Untuk menambah wawasan yang lebih luas, maka diperlukan pula latihan-latihan berskala internasional.

Sumber: tni.mil.id