Home » Alutsita Canggih » Rusia Tuduh Ukaraina akan Lakukan Sabotase

Rusia Tuduh Ukaraina akan Lakukan Sabotase

Dinas Keamanan Federal Rusia memiliki bukti bahwa Ukraina telah melakukan sabotase untuk menyerang sarana dan fasilitas umum pendukung kehidupan sehari-hari warga Rusia. Pernyataan serupa juga dilontarkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, yang mengatakan pihaknya memiliki bukti kuat tindakan Ukraina yang akan melakukan sabotase.

Namun, Kementerian Luar Negeri Rusia dan Dinas Kemanan Federal Rusia enggan membeberkan bukti kuat yang dimaksud. “Tentu saja, kami tidak bisa menunjukkan semuanya di televisi, tapi kami memiliki bukti kuat bahwa ini merupakan sabotase yang direncanakan sejak lama oleh kepala kantor intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina. Hal ini bertujuan untuk mengacaukan situasi di Krimea, Rusia,” ujar Lavrov, Jumat (19/8/2016).

Situasi ini membuat Rusia memperketat pengamanan di Krimea. Sejumlah objek vital di perbatasan Rusia dan Ukraina mendapat pengamanan yang cukup ketat.

Sebelumnya, Badan Intelejen Kementerian Pertahanan Ukrainan diketahui akan melakukan serangan, namun berhasil digagalkan oleh pihak Rusia, yang menemukan sejumlah alat peledak, amunis, granat, dan beberapa jenis senjata yang akan digunakan militer Ukraina untuk melakukan ‘teror’.