Angkatan Udara Singapura Lebarkan Sayap Dalam Latihan Tempur Pitch Black 2016

Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) telah mengerahkan kontingen terbesar dalam Latihan ‘Pitch Black’ 2016 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, latihan tempur udara multilateral skala besar yang diselenggarakan oleh Angkatan Udara Australia (RAAF) di Darwin, Australia utara dari 29 Juli – 19 Agustus 2016.

Menurut Kementerian Pertahanan (MINDEF), penyebaran RSAF untuk latihan tahun ini terdiri dari 450 personil, sebuah kapal tanker pengisian bahan bakar udara-ke-udara Boeing KC-135R, Gulfstream 550 Conformal Airborne Early Warning (CAEW), 6 Lockheed Martin F-16C/D, dan 8 jet tempur Boeing F-15SG disamping radar Saab Giraffe Agile multi-Beam (AMB), serta 2 unit sistem pertahanan udara berbasis darat Raytheon MIM-23B I-HAWK.

“Secara khusus, dua baterai I-HAWK membawa kompleksitas dan tantangan untuk kekuatan biru yang mencoba untuk menyerang target di selatan, sangat dibutuhkan” Letkol. Senior David Lim, direktur olahraga dari detasemen RSAF ini. “Itu lebih realistis daripada menggunakan simulasi seperti di latihan terakhir dengan pencahayaan yang sebenarnya … ditambah dengan Ancaman Joint Emitter yang dibawa oleh Northrop Grumman”.

Tampak kontras, pada tahun 2014 penyebaran termasuk 300 personil, sebuah pesawat Gulfstream 550 CAEW, sebuah tanker KC-135R, 6 F-15SG milik, dan 8 pesawat tempur F-16C/D.

IHS Jane mengerti bahwa RSAF setidaknya melepaskan 16 buah GBU-12 500 lb (226 kg) dan 14 buah GBU-39 Joint Direct Attack Munitions (JDAMs) dari F-16C/D serta F-15SG miliknya dalam minggu kedua terakhir selama tiga minggu latihan.

Letkol. Senior David Lim juga menunjukkan bahwa wilayah udara yang lebih luas dari Area Pelatihan Bradshaw dan Pusat Pelatihan Senjata Udara Delamere, dimana luas total area pelatihan diperkirakan sekitar 250 x 300 mil (402 x 482 km), lebih besar tiga kali lipat dari area yang biasanya dipergunakan latihan RSAF yaitu 30 x 60 mil di atas Laut Cina Selatan.

“Pelatihan Malam adalah sesuatu yang sangat kompleks sehingga Anda tidak merasa bahwa sedang melakukan latihan – kebanyakan dari mereka dilakukan pada siang hari,” jelasnya.

Sumber: IHS Jane

Leave a Comment