Home » Alutsita Canggih » Dituduh Menghina Agama, Rapper Malaysia Dipenjara

Dituduh Menghina Agama, Rapper Malaysia Dipenjara

Penyanyi rap sekaligus sutradara film ternama asal Malaysia ditangkap akibat tuduhan menghina agama dalam berkarya.

Kantor berita Bernama, Minggu malam (21/8/2016), memberitakan bahwa Namewee alias Wee Meng Chee ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur setibanya dari luar negeri.

Namewee ditangkap setelah pihak kepolisian setempat menerima laporan dari masyarakat di Malaysia yang menyebut musik karya Namewee menghina agama.

Namewee atau Meng Chee pun dipenjara oleh pihak pengadilan Penang karena video yang diunggahnya di YouTube dianggap telah menghina agama Islam. Ia menggunakan kata “Allah” dan kumandang azan dalam video lagu Mandarin berdurasi empat menit berjudul Oh My God.

Dalam video tersebut, Namewee dan beberapa penyanyi lainnya mengenakan pakaian yang menunjukkan keberagaman budaya dan agama di Malaysia. Mereka juga bernyanyi di dalam masjid, gereja, pura, vihara dan kuil Tao.

Sebagai tanggapan dari laporan masyarakat, penyanyi tersebut justru mengunggah sebuah video di YouTube untuk mengklarifikasi bahwa ia tidak berniat menghina agama manapun. Ia mengklaim lagu Oh My God dibuat untuk “mempromosikan harmoni”.

Video musik yang asli pun kini tidak lagi tersedia secara online, hanya versi yang telah diedit, tanpa rekaman adegan menyanyi di masjid, yang kini ada di YouTube.

Selain di negeri asalnya, Namewee juga cukup tenar di Taiwan dan dikenal sebagai rapper yang kontroversial. Pasalnya, selama beberapa tahun belakangan, ia kerap menyinggung masalah politik dan kebebasan beragama dalam karya-karyanya.

Menurut keterangan kepala polisi distrik setempat, Mior Faridalathrash Wahid, kepada AFP, Selasa (23/8/2016), Namewee ditahan sementara yakni selama empat hari. Namun, jika terbukti bersalah, Namawee dapat diancam dengan hukuman dua tahun penjara karena telah mengotori tempat ibadah dengan maksud menghina agama.