Home » Alutsita Canggih » Serangan Udara Israel ke Suriah

Serangan Udara Israel ke Suriah

Pesawat tempur Israel kembali meluncurkan serangan ke Suriah di tengah konflik bersenjata di negara itu. Militer Israel menyatakan serangan udara tersebut dilakukan setelah tembakan yang berasal dari pertempuran antar faksi di Suriah menghantam wilayah Israel.

“Tembakan dari Suriah telah menghantam daerah terbuka di dekat perbatasan di Dataran Tinggi Golan (wilayah yang direbut Israel pada perang Timur Tengah tahun 1967 dan dicaplok pada 1981), tidak menyebabkan cedera, dan pembalasan angkatan udara menargetkan peluncur roket militer Suriah,” kata militer Israel seperti dikutip dari Reuters, Selasa (23/8/2016).

Aksi balasan Israel ini bukan kali pertama terjadi. Pada Oktober tahun lalu, Israel pernah membalas tembakan mortir yang menghantam Dataran Tinggi Golan. Saat itu, dua roket dari Suriah menghantam Dataran Tinggi Golan, daerah yang telah dikuasai Israel.

Pada Juni lalu, pesawat tempur Israel juga meluncurkan serangan yang menargetkan tentara Suriah. Pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan serangan terhadap benteng batalion mekanis keempat tentara Suriah di Homs.

Menurut warga setempat, terdengar ledakan besar saat serangan udara itu berlangsung, seperti dikutip dari laman Middle East Monitor, Kamis (9/6/2016). Homs berada di bawah kendali tentara Suriah dan menjadi saksi peperangan kelompok oposisi Suriah dengan ISIS.

Sumber: international.sindonews.com