Home » Militer Indonesia » Selesai Perbaikan, Kapal Perang Pesisir AS Kembali ke Pangkalan

Selesai Perbaikan, Kapal Perang Pesisir AS Kembali ke Pangkalan

Setelah delapan bulan menjalani perbaikan di pelabuhan Changi Naval Base Singapura, USS Fort Worth akhirnya kembali ke pangkalannya di San Diego. Kapal tempur pesisir tersebut sebelumnya mengalami kerusakan tiga bearing gigi kombinasi pada 12 Januari saat berlayar ke Singapura.

Kerusakan disebabkan oleh kegagalan minyak pelumas untuk menerapkan secara tepat roda gigi kombinasi saat menghidupkan mesin penggerak diesel utama. Kerusakan ini adalah kesalahan mahal dengan konsekuensi yang serius, dan akibat insiden ini Komandan kapal perang USS Fort Worth, Cmdr. Michael Atwell dicopot dari jabatannya.

Laporan dari CNN, perbaikan kapal Fort Worth diperkirakan menghabiskan biaya sebesar US$ 23 juta, namun juru bicara Armada Pasifik AS, Letnan Clint Ramsden menyatakan kerusakan pada Fort Worth tidak seberat seperti yang diperkirakan, dan biaya yang dikeluarkan tidak sebesar yang diberitakan CNN.

AS kemudian mengirimkan pengganti suku cadang yang rusak dari AS dan dikirimkan ke Singapura. Setelah menjalani perbaikan USS Fort Worth kemudian harus menyelesaikan pengerjaan standar dan pemeriksaan maupun penilaian pra-pelayaran sebelum kembali ke pangkalannya di AS.

USS Fort Worth nantinya akan menggunakan dua mesin diesel utama selama menuju ke San Diego untuk menghemat bahan bakar dan setibanya di San Diego, USS Fort Worth akan menjalani perawatan rutin di galangan kapal.

Hasil investigasi Angkatan Laut belum mengumumkan kesalahan yang menyebabkan kerusakan karena masih menunggu pengesahan akhir.