KRI Silas Papare-386 Akan Dipasangi CIWS Tipe 730 dari NORINCO

Seorang sumber di Markas TNI Angkatan Laut Cilangkap, seperti dilansir IHS Janes, mengatakan bahwa pihaknya telah menandatangani kontrak untuk single Type 730 close-in weapon system (CIWS) dari China North Industries (NORINCO).

Sistem itu akan dipasang onboard pada korvet kelas Kapitan Pattimura (Parchim I), KRI Silas Papare-386, dan mengganti senjata 30 mm kapal yang terletak di bagian depan.

Setelah instalasi sukses, KRI Silas Papare akan menjadi kapal kedua di kelasnya yang mengoperasikan CIWS pengembangan dari Tiongkok. Sebelumnya, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376 telah berhasil melakukan penembakkan dengan sistem peluru terhadap seaborne radar-reflektif dan ditambatkan meriam target udara angkatan laut pada bulan Agustus 2015.

Tipe 730 CIWS merupakan sistem radar dengan tujuh laras sistem senjata Gatling yang menyediakan kemampuan defensif terhadap amunisi presisi masuk dan pesawat dipandu. Varian dari senjata itu sedang digunakan dalam sejumlah kapal People’s Liberation Army Navy (PLAN) seperti Tipe 051C Luzhou kelas dan Jenis kapal perusak I-kelas 052B Luyang.

Tipe 730 CIWS juga telah dipilih untuk dua yang pertama dari tiga KCR-60M-class missile attack craft TNI Angkatan Laut.

BUMN pembuat kapal PT PAL Indonesia akan bekerja dengan NORINCO di Surabaya untuk memasang sistem onboard, KRI Silas Papare pada tahun 2017.

Sumber: IHS Janes

Leave a Reply