Home » Alutsita Canggih » Peresmian Skuadron Helikopter 13 di Berau Kalimantan Timur

Peresmian Skuadron Helikopter 13 di Berau Kalimantan Timur

Panglima Kodam VI Mulawarman, Mayjen TNI Johny L Tobing, melakukan peresmian Skuadron Helikopter 13 di Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, pada hari Kamis (25/8). Dalam peresmian skuadron yang dibangun sejak tahun 2014 ini, TNI menggelar satu unit helikopter Bell 412, Mi 17 dan pesawat Cassa 21.

Mayjen Johny mengatakan bahwa pembentukan satuan Skuadron Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Pus Penerbad) ini merupakan bagian strategis Angkatan Darat tahun 2010—2019. “Jadi (pembentukan Skuadron) ini telah melalui berbagai kajian yang matang, kami bentuk Skuadron untuk menambah kekuatan militer untuk tujuan perang maupun mendukung operasi TNI lainnya, terutama di wilayah perbatasan,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Skuadron Helikopter 13, Letkol Slamet Riyadi, menjelaskan bahwa Skuadron 13 untuk sementara waktu hanya memiliki satu unit helikopter Bell 412 guna mendukung logistik. Rencananya, terdapat tiga jenis helikopter yang beroperasi di skuadron ini, yaitu Bell 412, Fennec dan Bolco.

“Penambahan helikopter ini akan dilakukan secara bertahap, tahun 2017 nanti juga akan ada pengadaan baru, jumlahnya juga masih belum diketahui, tergantung situasi karena Panglima TNI yang akan menentukan berapa kekuatan yang dibutuhkan,” ujar Letkol Slamet.

Peresmian operasional Skuadron Helikopter 13 dihadiri oleh jajaran TNI mulai dari Korem Aji Suryanatakesuma, Kodim Tanjung Redeb, Yon Armed, Kapolres Berau, Bupati dan Wakil Bupati Berau beserta seluruh jajarannya.

Sumber: kaltim.tribunnews.com