Home » Alutsita Canggih » Rudal Korut Bikin Jepang, Korsel, China “Ketar-Ketir”

Rudal Korut Bikin Jepang, Korsel, China “Ketar-Ketir”

Peluncuran rudal balistik dari kapal selam yang dilakukan Korut pada, Rabu (24/8/2016) dinilai sebagai sebuah provokasi. Menteri Luar Negeri Korea Selatan Byung-se, Menlu China Wang Yi, dan Menlu Jepang Fumio Kishida langsung menggelar pertemuan darurat untuk membahas tindakan Korut.

Pertemuan yang berlangsung di Tokyo menghasilkan kesepakatan untuk mendesak Korut agar mematuhi resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. Selain itu, Menlu Jepang dan Korsel meminta kepada China sebagai mitra dagang utama Korut, agar mengambil langkah tegas terhadap Korut.

Ketiga menlu juga akan menjalin kerjasama dengan DK PBB untuk memaksa Korut menghentikan provokasi dengan meluncurkan rudal. Ini bukan kali pertama Korut mendapatkan protes dan peringatan keras dari PBB terkait peluncuran rudalnya. Namun, Korut tetap tidak bergeming dengan peringatan tersebut.

Peluncuran rudal Korut dari kapal selam, merupakan bentuk protes terhadap Korsel dan Amerika yang sedang melangsungkan latihan militer gabungan dengan skala besar. Korut merasa, latihan militer gabungan itu sebagai langkah persiapan untuk melawan Korut.