Home » Alutsita Canggih » Kapal Angkatan Laut AS Lepaskan Tembakan ke Kapal Iran

Kapal Angkatan Laut AS Lepaskan Tembakan ke Kapal Iran

Ketegangan antara Amerika dan Iran terjadi di Teluk Persia. Kapal Angkatan Laut Amerika melepaskan tiga kali tembakan peringatan ke arah kapal milik Angkatan Laut Iran. Pentagon membenarkan insiden tersebut, dan menegaskan bahwa kapal Iran telah melakukan provokasi terhadap kapal Angkatan Laut Amerika.

“Ini adalah insiden yang bisa meningkatkan ketegangan, kita tidak menginginkan peningkatan ketegangan apapun. Kapal-kapal kita telah beroperasi di bagian dunia itu selama bertahun-tahun,” ujar juru bicara Pentagon Peter Cook.

Cook menegaskan, tembakan peringatan yang dikeluarkan oleh kapal patroli USS Squal bukan tanpa alasan. Sebelum mengeluarkan tembakan peringatan, Angkatan Laut Amerika telah memperingatkan kapal Iran lewat pesan radio, namun Iran tidak menghiraukannya. Bahkan, kapal Iran berlayar semakin sekat hingga berjarak 182 meter dari Kapal Angkatan Laut AS.

Sementara itu Iran membantah tuduhan Amerika, melalui kantor berita Iran, Pemerintah Iran mengatakan bahwa kapal milik mereka sedang melakukan patroli terhadap kapal asing di wilayah perairannya.