TNI Angkatan Darat Tingkatkan Pengamanan di Kepulauan Karimunjawa

TNI Angkatan Darat berencana untuk lebih meningkatkan pengamanan di Kepulauan Karimunjawa. Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Joseph Robert Giri mengatakan bahwa Karimunjawa merupakan mutiara tersembunyi di Jawa Tengah.

“Karimunjawa ini mutiara tersembunyi, dan kami bertekad akan menjadikan ikon pariwisata dan bidang ketahanan wilayah. Mengingat Karimunjawa ini kepulauan, maka harus dibangun Pos Koramil,” ujar Kolonel Inf Joseph seperti dikutip dari metrotvnews.com pada Jumat (26/8).

Selama ini, wilayah teritorial Kodim 0719/Jepara tersebut hanya dijaga satu komando rayon militer saja. Sehingga hal ini dianggap belum cukup. Alasannya, Kecamatan Karimunjawa terdiri dari beberapa pulau yang sebagian besar dihuni masyarakat.

Komandan Korem 073/Makutarama, Kolonel Inf Joseph Robert Giri (kiri) bersama Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki (kanan), Jumat (26/8/2016). (Metrotvnews.com/Rhobi Shani)
Rencananya, koramil yang ada di Karimunjawa saat ini akan dikembang menjadi pos-pos di Pulau Kemujan, Pulang Parang, dan Pulau Nyamuk, guna menjaga stabilitas keamanan. Masing-masing pos akan dijaga oleh enam personel yang dibekali dengan kemampuan khusus.

Kolonel Inf Joseph mengatakan bahwa personel yang nantinya ditugaskan di pos-pos Koramil Karimunjawa akan dibekali keterampilan khusus kemaritiman dan kemampuan berbahasa Inggris. “Masing-masing pos juga akan kami lengkapi dengan alat komunikasi dan alat angkut air,” imbuhnya.

Sumber: metrotvnews.com