Home » Alutsita Canggih » Kapal Patroli M58 Pertama Buatan Thailand Telah Menyelesaikan Serangkaian Ujicoba

Kapal Patroli M58 Pertama Buatan Thailand Telah Menyelesaikan Serangkaian Ujicoba

Galangan kapal Marsun yang berbasis di Samutprakarn telah menyelesaikan serangkaian ujicoba kapal patroli M58 pertama buatan dalam negeri, Laemsing (561) sedang dipersiapkan untuk dikirim ke Royal Thai Navy (RTN), IHS Jane telah dikonfirmasi perusahaan pada tanggal hari Jumat, 26 Agustus 2016.

Ujicoba dilakukan di Teluk Thailand sejak pertengahan Agustus, adapun tes yang dlakukan meliputi tes kecepatan maksimum, verifikasi radius putaran, tes berhenti kecelakaan, dan validasi ketahanan, kata sumber dari perusahaan itu.

Laemsing, yang merupakan kapal patroli terbesar yang dibangun oleh Marsun saat ini, diluncurkan pada Agustus 2015 di Thonburi Naval Dockyard milik Angkatan Laut Kerajaan Thailand di Bangkok.

Kapal memiliki panjang keseluruhan 58 m, lebar keseluruhan 9,3 m, dan draft lambung 2,5 m. Didukung oleh tiga mesin diesel Caterpillar tipe 3516C, dengan platform 520 ton dapat mencapai kecepatan tertinggi 28 knot, dan kemampuan jelajah 2.500 NM pada kecepatan 15 knot.

Kemampuan pertahanan tersedia sebuah meriam utama Oto Melara kaliber 76/62 mm, sebuah meriam menghadap buritan kaliber 30 mm, dan dua buah senapan mesin kaliber 12,7 mm.

Laemsing dijadwalkan untuk pengiriman ke Angkatan Laut Kerajaan Thailand akhir tahun ini. Kapal ini difungsikan sebagai pencarian dan penyelamatan, penjaga zona memancing nelayan, dan juga tugas-tugas pelayanan kepolisian.

Sumber: IHS Jane