Dubes Indonesia untuk Rusia Berharap Kontrak Su-35 Selesai Tahun 2016

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi mengatakan kepada RIA Novosti bahwa dirinya berharap Indonesia dapat menandatangani kontrak untuk pembelian pesawat tempur multi-peran Su-35 Rusia sebelum akhir tahun ini.

“Sekarang ada diskusi, tapi kami masih sangat tertarik untuk membeli Su-35, yang dibahas antara kementerian yang berkaitan, dan berharap kontrak akan ditandatangani sebelum akhir tahun ini,” ujar Wahid.

Wahid mengatakan bahwa dirinya mencatat hubungan Indonesia-Rusia telah mengalami perkembangan di berbagai bidang. “Sebelumnya, delegasi Indonesia mengunjungi Rusia untuk membahas seluruh spektrum masalah nota kerjasama di bidang pertahanan yang tak hanya pembelian pesawat, tapi juga penanggulangan ekstremisme dan terorisme, serta pertukaran informasi,” katanya.

Sebelumnya, diplomat Indonesia tersebut sempat mengatakan bahwa Indonesia bermaksud untuk membeli delapan unit pesawat tempur Su-35 dari Rusia. Pada akhir April, perusahaan negara “Rostec” mengeluarkan keputusan yang secara prinsip dapat mengirimkan Su-35 Indonesia dan saat ini rinciannya masih dalam pembahasan untuk menjadi perjanjian mendatang.

Sumber: aex.ru