Home » Alutsita Canggih » Putin : Hati-Hati Berurusan Dengan Korut

Putin : Hati-Hati Berurusan Dengan Korut

Sebagai sekutu Korea Utara, Presiden Rusia memperingatkan kepada negara-negara yang selama ini bertentangan dengan Korut, agar tidak mencari masalah dengan Korut. Putin mengkawatirkan tindakan beberapa negara yang selama ini dinilai memprovokasi Korut dapat menyebabkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Putin menyatakan hal tersebut dihadapan dihadiri Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dalam pertemuan forum bisnis yang diadakan di Vladivostok, Rusia.

“Saya pikir tindakan yang dapat memprovokasi (Korut) lebih jauh akan bersifat tidak produktif,” tegas Putin, seperti dilansir dari Reuters.

Lebih lanjut Putin mengatakan, Pemerintah Rusia tetap akan meminta Korut untuk bernegosiasi terkait program nuklir yang terus dikembangkan Korut. Dalam pidatonya, Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye meminta Rusia agar menekan Korut untuk menghentikan proyek nuklir mereka. Dia berjanji, jika Korut mau menghentikan program nuklirnya, maka ada jalan untuk membuka kerjasama dalam bidang ekonomi, dan lainnya.