Destroyer Tercanggih India dilengkapi Rudal BrahMos dan Barak 8

NEW DELHI – Angkatan Laut India akan segera meluncurkan perusak dipandu rudal tercanggih pada 17 September 2016 dengan mengambangkan lambungnya ke air untuk pertama kalinya. Acara ini dianggap sebagai tonggak sejarah bagi setiap kapal. Perusak yang dibangun oleh Mazgaon Dock Limited (MDL) akan diberi nama INS Mormugao dalam commissioning nanti.

Kapal perang kedua akan dibangun di bawah Proyek-15B, dengan perkiraan biaya sekitar US $1 milyar, akan memiliki fitur siluman canggih serta rudal jelajah permukaan-ke-udara.

Menurut sumber di Angkatan Laut India, kapal perang tersebut akan diintegrasikan dengan sistem rudal permukaan-ke-udara BrahMos India dan Barak 8 Israel. Dengan bobot 6.670 ton dan panjang 149 meter, kapal perusak baru akan memiliki kecepatan maksimum 30 knot dan jarak jelajah 4.000 mil laut.

Namun kapal ini belum memiliki sonar array – sensor penting untuk mendeteksi kapal selam – untuk saat ini, menurut sumber Angkatan Laut. Proyek-15B, disetujui oleh pemerintah India pada tahun 2011, melibatkan pembangunan 4 (empat) kapal perusak. Idenya adalah agar secara bertahap mampu membuat semakin banyak komponen dalam negeri untuk Angkatan Laut India.

INS Mormugao kemungkinan akan resmi masuk ke dalam layanan pada tahun 2020. Kapal perusak pertama di bawah proyek P-15B, INS Visakhapatnam akan ditugaskan pada tahun 2018.