Burkan, Bom Pintar Buatan Sudan Telah Operasional

SAFAT Burkan, bom dipandu GPS ini sudah dalam pelayanan dengan Angkatan Udara Sudan, Ali Osman, kepala pengembangan bisnis untuk SAFAT Aviation Group Sudan, mengatakan IHS Jane di pameran Afrika Aerospace and Defence (AAD) yang diselenggarakan di Afrika Selatan pada 14-18 September 2016.

SAFAT mengatakan bahwa Burkan adalah bom dipandu GPS 250 kg dengan dilengkapi sayap yang akan terbuka setelah peluncuran mampu memberikan jangkauan maksimum 80 km saat diluncurkan dari ketinggian 10 km (32.800 kaki), yang mana bom ini memiliki jangkauan radius pertempuran lebih jauh dari kebanyakan sistem pertahanan udara.

Seorang insinyur di SAFAT mengatakan bahwa koordinat target dapat diprogram sebelum pesawat lepas landas, akan tapi pilot juga dapat mengubah koordinat tersebut selama penerbangan; sistem juga akan menginformasikan kepada pilot ketika target telah berada dalam jangkauan bom.

Ali Osman mengatakan dia tidak bisa berkomentar lebih banyak ketika ditanya apakah Burkan telah dijatuhkan oleh Sukhoi Su-24 Sudan yang telah dikerahkan ke Arab Saudi untuk berpartisipasi dalam intervensi militer di Yaman.

Sumber: IHS Jane

Sharing

Tinggalkan komentar