Dua Fregat Gepard Jalani Sea Trial Bulan Oktober

Dua fregat Gepard 3.9 akan menjalani sea trial pada bulan Oktober di laut Hitam. Setelah menjalani berbagai pengujian, fregat yang dibangun di galangan kapal A.M. Gorky Zelenodolsk akan dikirimkan ke negara pelanggan akhir tahun ini.

Gepard memilii kemampuan melaksanakan misi patroli perbatasan dan zona ekonomi eksklusif serta mendukung operasi laut, selain itu fregat juga dapat melakukan misi penyebaan ranjau dan memberikan bantuan tembakan saat operasi pendaratan di pantai.

Gepard terdiri dari berbagai varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Angkatan laut Vietnam terakhir memesan fregat Gepard dengan kemampuan peperangan anti kapal selam.

Fregat memiliki kamampuan mengoperasikan berbagai sistem persenjataannya meski dalam kondisi gelombang laut setara Sea State 5. Lambung dan suprastruktur Gepard terbuat dari baja dengan suprastruktur bagian atas terbuat dari campuran aluminium-magnesium. Gepard juga dilengkapi dengan sirip stabilisator dan kemudi kembar untuk kestabilan dan manuver yang lebih baik. Untuk sistem penggeraknya, Gepard menggunakan sistem propulsi kombinasi diesel dan gas (CODOG).

Leave a Reply