DCNS Luncurkan Frigat FREMM Ke-7 Angkatan Laut Perancis

LORIENT – DCNS kini telah mengapungkan FREMM Bretagne di situs Lorient, sebagai frigat ketujuh produksi DCNS dan sebagai frigat kelima pesanan OCCAR mewakili Badan Pengadaan Pertahanan (DGA) untuk Angkatan Laut Perancis.

Peluncuran ini dilakukan enam bulan setelah pengiriman FREMM Languedoc pada tanggal 16 Maret 2016, menunjukkan kapasitas DCNS untuk melaksanakan produksi seri efisien, memastikan bahwa hal itu telah menghasilkan 6 unit frigat untuk Angkatan Laut Perancis sebelum pertengahan 2019.

Program FREMM telah maju cukup cepat. Lima unit frigat FREMM sudah dikirim antara tahun 2012-2015: tiga unit diantaranya untuk Angkatan Laut Perancis dan dua unit lainnya untuk klien internasional yaitu Angkatan Laut Kerajaan Maroko dan Angkatan Laut Mesir.

Tiga frigat FREMM dan satu korvet Gowind® saat ini sedang dalam konstruksi dan berada pada tahap penyelesaian yang berbeda digalangan kapal DCNS yang ada di Lorient:

– FREMM Auvergne, akan mulai uji coba laut pada akhir September 2016.
– FREMM Bretagne, mengapung pada 16 September 2016.
– FREMM Normandie, proses perakitan akan dimulai.
– Korvet Gowind® pertama, mengapung pada 17 September 2016.

Bagi DCNS, penyelesaian program FREMM akan mewakili pembangunan 10 unit frigat, 8 unit diantaranya untuk Angkatan Laut Perancis. Selain 6 unit frigat yang akan dikirimkan pada tahun 2019, lebih lanjut akan ada 2 unit frigat yang diperkuat dengan kemampuan anti-pesawat yang akan dikirimkan sebelum akhir 2022.

Sumber: Navy Recognition

Leave a Reply