Home » Militer Indonesia » Gantikan F-5 Tiger II, Meksiko Pernah Hampir Membeli Su-27 Flanker

Gantikan F-5 Tiger II, Meksiko Pernah Hampir Membeli Su-27 Flanker

Angkatan Udara dan Angkatan Laut Mexico masih belum memberi kejelasan tentang pesawat tempur yang akan diakuisisi negara tersebut untuk menggantikan pesawat tempur F-5 Tiger II.

Meskipun mendapat sorortan tajam sejak terjadinya konflik Chiapas pada pertengahan 1990-an dan perang anti narkoba, Meksiko masih merahasiakan pengganti F-5 Tiger II.

Armada F-5E / F Tiger II sebelumnya dijadwalkan akan pensiun pada tahun 2015 dan sekarang hanya tersisa sekitar 8 pesawat tempur F-5E Tiger II yang masih operasional.

Angkatan Udara Meksiko / Fuerza Aerea Mexicana saat ini membutuhkan sekitar 42 atau 49 unit pesawat tempur multirole seperti F-16 Block 50/52, Rafale, JAS-39 Gripen NG, Typhoon atau Sukhoi Su-27 / Su-35 Super Flanker. Kemungkinan lain yang lebih hemat adalah pembelian beberapa pesawat tempur F-16 bekas dari luar AS.

Kesepakatan pembelian pesawat tempur beberapa kali tertunda, termasuk rancana pembelian pesawat tempur Su-27 dari Rusia yang disebabkan oleh korupsi dan perang melawan narkoba, yang menyebabkan Meksiko lebih memerlukan peralatan perang seperti persenjataan dan kendaraan lapis baja untuk memerangi kartel obat terlarang.

Pembatalan pembelian Su-27 kemungkinan juga akibat desakan dari AS yang menginginkan Meksiko lebih memilih pesawat tempur F-16.