Kapal Serang Cepat Azmat-Class Pakistan Diluncurkan Jumat Lalu

Kapal Serang Cepat (FAC- Fast Attack Craft) Azmat-Class ketiga diluncurkan dari galangan kapal Karachi Shipyard and Engineering Works (KSEW) pada hari Jumat, 16 September 2016. Menurut konfrensi pers KSEW, FAC telah dalam konstruksi sejak Agustus 2015.

Saat ini ada 2 FAC Azmat-Class dalam pelayanan Angkatan Laut Pakistan yaitu PNS Azmat dan PNS Dehshat. Pakistan memesan 4 unit FAC Azmat-Class dari China Shipbuilding and Offshore Company (CSOC) pada tahun 2010. Berdasarkan perjanjian tersebut, 1 unit FAC dibangun di galangan CSOC sementara 3 unit FAC dibangun di Pakistan oleh KSEW.

Angkatan Laut Pakistan menugaskan PNS Azmat pada bulan Juni 2012 dan PNS Dehshat pada bulan Juni 2014.

FAC Azmat-Class memiliki bobot 560 ton dan mampu membawa 8 rudal anti kapal (AShM) C-802 melalui peluncur 2×4 sel yang ada di buritan kapal. Menurut IHS Jane, FAC ini juga dilengkapi dengan radar kendali penembakan Tipe 347, dibagian depan terpasang meriam 30mm, 2 senapan mesin 12,7 mm, serta CIWS AK-630 untuk perlindungan terhadap serangan AShM.

Pembelian FAC Azmat-Class terjadi setelah dipetieskannya rencana untuk mengakuisisi 4 unit korvet dari Turki pada tahun 2000-an (tapi rencana ini dihidupkan kembali pada tahun 2016). Sebagai aset pertahanan pesisir, FAC Azmat-Class memiliki paket persenjataan yang baik(memiliki rudal AShM yang sama banyak seperti frigat kelas Zulfiqar yang memiliki ukuran lebih besar).

Lambung kapal itu dirancang pada penampang radar (RCS) rendah dan bertujuan untuk mengurangi radar, akustik dan tanda tangan inframerah dari kapal tersebut. Didukung dengan 4 mesin diesel, FAC mampu melaju pada kecepatan maksimum 30 knot (55 km/jam) dan daya jelajah sejauh 1.000 mil laut (1.852 km).

Belum diketahui apakah Angkatan Laut Pakistan berencana untuk menambah FAC kelas Azmat. Namun, mengingat bobot FAC yang hanya 560 ton, tidak memungkinkan Pakistan untuk mempergunakan lebih banyak persenjataan yang berorientasi pada kemampuan multi-misi dari desain kelas Azmat.

Bahkan, saat sudah ada kapal dengan ukuran yang sebanding seperti FAC Finlandia kelas Hamina yang mampu membawa rudal AShM dan SAM. Dipasaran juga telah beredar radar, berbasis AESA seperti Saab Sea Giraffe 1X, yang kompak dan mampu mendeteksi hingga 100 km untuk kapal-kapal kecil seperti FAC yang beroperasi dengan tingkat efektivitas yang relatif tinggi.

Sharing

Tinggalkan komentar