Home » Militer Indonesia » Apa Mengapa Ada Pesawat F-16 Hibah dari AS

Apa Mengapa Ada Pesawat F-16 Hibah dari AS

Mikaila :

Pesawat F-16 25id adalah pespur pertama yg mendapat sentuhan pt. len. bagi yg benar2 mengikuti perjalanan & lika-liku falcon gurun yg membuat kita batal membeli 1 skuadron su-30 untuk skuadron 14 dari awal sampe akhir akan menemukan bbrp bukti.

1. dokumen dsca ttg f-16 hibah tdk dicentang bbrp komponen dlm penting utk kokpit, bbrp peralatan navigasi, sensor & secondary radar.

2. dokumen kontrak kemhan & tni 2012 trdpt kontrak paket sistem terpadu kpd pt. len untuk 24 pesawat yg akan operasional.

3. bbrp bln sebelumnya datang bbrp teknisi lm & usaf tp jk anda aktif di forum lain ada bbrp foto2 leak yg memperlihatkan cukup banyak orang2 dari pt. len. sumber pt. len yg ikut sbg member forum mengatakan mereka membantu pt. len dlm hal integrasi & kalibrasi tool bikinan pt. len di f-16id.

4. katalog pt len tentang len link jg memperlihatkan cukip banyak tool utk pespur.

makanya bagi siapapun yg mencibir falcon hibah jelas salah jusfru falcon hibah adalah salah satu batu pijakan penting sblm naik kelas di platform kfx/ifx.

Red Light Distric :

pada enggak ngerti arti dari STOP GAP … cuma bisa menjelekkan, padahal semua sudah ada polanya, ingat anggaran belanja kita defisit terpaksa harus dipangkas sana-sini ..

AS-202 Bravo —> Grob 120TP-A
T-34 Charlie —> KT-1B Wongbee
OV-10 Bronco —> EMB-314 Super Tucano
Hawk Mk 53 —> T-50i Golden Eagle
F-16 Fighting Falcon —> IFX
A-4 Skyhawk —> Sukhoi 27/30
F-5E Tiger —> Su-35

Mau tahu jumlah kira-kira Sukhoi Indonesia ? ingat saja berapa jumlah A-4 Skyhawk Indonesia …

Sukhoi mania :

Pesawat F-16 second hanya sebagai penutup gap kesenjangan dg milik tetangga seandainya ada konflik beneran,maka TNI AU sangat kekurangan pespur. Di samping menunggu kfx/ifx jadi maka semua f16 lama dan second TNI AU akan diganti dg IFX. Semua f16 lama dan second umurnya ga lebih dari 2030,dan asu sendiri sdh gak mau beli f16 lagi bahkan versi viper sklpun. Krn mereka sdh mengandalkan versi stealth gen 5.

Wangsa Kencana :

F16 memang pesawat bagus, tapi jika dibandingkan dengan keluarga Sukhoi Su 27 Flanker ke atas, keluarga F16 jelas bukan level pesaat Rusia.

Karena Sukhoi Su 27 TNI AU mempecundangi F18 Hornet Ausie dan Jendral Inggris hingga mengundurkan diri karena beban moril akibat Inggris memborong 40 unit F35 dari USA yang konon untuk melayani pesawat Sukhoi SU35 made in Rusia.

Jukur saja level F16 masih di bawah pesawat KFX/IFX yang sudah di rancang untuk masuk kelas generasi 4++

Mungkin hanya varian F16 Viper yang dapat bersanding dengan KFX/IFX itu pun dengan catatan KFX/IFX versi pertama dengan satu mesin…

Btw dari pada harus membayar pesawat hibah (F16 block 52) 2 skuad lebih baik membeli baru F16 V 1 skuad atau membeli Sukhoi SU35 1 skuad lengkap dengan cantelannya (bomb dan rudal)

Peace…

Lingkar :

Ini nih untungnya beli bekas :D, sehingga dana bisa digunakan pada proyek KF-X/IF-X, lagian F-16 cuma untuk dipake sementara selama masa transisi ke IF-X, klo beli baru kan rugi ? baru dipake beberapa tahun trus dijual harganya udah jatuh :D. Ya meskipun dampak beli bekas mengakibatkan banyak yang mem-bully ? itu sudah ciri khas anak salah asuh, karena sejak kecil mereka selalu di “bully” sama org tua, kakak, adik, tetangga, bahkan teman-teman di sekolahnya, karena itu jiwanya sakit ? hahaha….

Wangsa Kencana :

F16ID series yang datang sekarang adalah burung bekas pakai AU USA yang dihibahkan kepada Indonesia.
Untuk biaya pengeluaran mungkin untuk biaya upgrade pesawat tersebut.
Meskipun sudah di upgrade F16ID ini rawan jaming dari lawan.

Pertempuran di waktu yang akan datang bukan hanya mengandalkan radar pesawat, akan tetapi sistem management terpadu, mulai dari avionik infra merah untuk melacak jejak panas pesawat, persenjataan atau rudal anti jaming dan sebagainya.

Untuk 5 tahun ke depan kita mungkin masih aman jika hanya berhadapan dengan negara kanan kiri depan belakang, akan tetapi kita juga harus waspada karena negara tetangga kita (Audtralia dan Singapura) sudah transfer uang untuk memesan F35 dari USA.

Dengan segala kelebihan dan keurangan F35 sebaiknya negara Indonesia harus sudah memesan yang minimalnya barang yang sama atau Sukhoi SU35 atau Sukhoi PAK FA50 full amo yang menurut pemikiran saya masih lebih unggul dari F35.

Untuk lebih nyenyaknya lagi kita dapat menempatkan S300 / S400 di depan belakang kanan kiri kita sebagai pagar pembatas berduri untuk tamu tidak di undang.

Dan jika ingin bermimpi indah negara kita dapat mengayakan S500 yang dapat mobile yang ditempatkan di kapal perang sekelas Destroyer, Sigma ataupun KCR

Dijamin mimpi indaahhh…
Apalagi sambil ingat si neng, bisa-bisa mimpi basah… ?