Kapal Selam Nuklir ‘Vladimir Monomakh’ Kini Berbasis di Armada Pasifik

Kapal selam nuklir strategis terbaru Rusia “Vladimir Monomakh” ( “Northwind” Project 955), melakukan pelayaran transisi dari Armada Utara ke Armada Pasifik, dan kini sudah ditempatkan permanen di basis barunya di Vilyuchinsk (semenanjung Kamchatka). Vladimir Monomakh- adalah kapal selam nuklir strategis ketiga dari generasi baru Project 955 (“Northwind”). Pembangunannya merupakan prestasi terbaru Rusia dalam kemampuannya membangun kapal selam yang minim kebisingan.

Vladimir Monomakh adalah salah satu dari kapal selam nuklir Borey class yang mulai bergabung dengan Angkatan Laut Rusia pada 19 Desember 2014. Borey class (NATO menamakannya Dolgorukiy) dimaksudkan untuk menggantikan kapal selam bertenaga nuklir Delta III, Delta IV dan Typhoon class yang sampai sekarang masih dalam pelayanan Angkatan Laut Rusia.

0_20ce58_5409aa07_xl

Meskipun menjadi pengganti untuk berbagai jenis kapal selam balisitk nuklir, kapal selam Borey class sebenarnya berukuran lebih kecil daripada Typhoon class (170 m dibanding 175 m), dan kru yang hanya 107 orang dibanding 160 orang pada Typhoon class. Tujuan dari rancangan yang lebih kecil adalah untuk mengurangi biaya pembangunan dan pemeliharaan kapal selam.

Yang paling ditakutkan dari kapal selam Vladimir Monomakh adalah persenjataan 16 rudal balistik RSM-56 Bulava dengan 6-10 hululedak MIRV (multiple independently targetable reentry vehicle) yang mampu menghancurkan 6-10 kota dengan satu kali tembakan saja.

Tinggalkan komentar