Super-Otomatis, Benarkah Su-35 Pesawat Tempur Paling Mematikan di dunia?

Beberapa pihak mengklaim Su-35 adalah pesawat tempur paling mematikan didunia, dirancang dengan inovasi teknologi dari pesawat tempur generasi kelima. Meski menggunakan desain dari Su-27, Su-35 memiliki bobot yang lebih berat hampir 40 ton yang sebagin besar karena penambahan struktur tulang dan rangka terutama untuk daya angkut bahan bakar dan persenjataan yang lebih besar.

Yang paling mengesankan adalah daya angkut persenjataan hingga 8 ton, yang bukan hanya untuk menggotong senjata rudal udara-ke-udara saja, tapi juga rudal udara-ke-darat dan rudal jelajah anti kapal Yakhont.

Su-35 juga memiliki manuver mengesankan, bahkan di kokpit Su-35 yang’ super-otomatis’ juga tersedia tombol ‘supermaneuver’ yang ketika diaktifkan maka pergerakan stik kontrol pesawat menjadi amat sensitif, yang konon menurut pilot Su-35 – pesawat bisa di kontrol hanya dengan menggunakan dua jari.

Jika di F-16 Viper dilengkapi perangkat otomatis penghindar tabrakan – Automatic Ground Collision Avoidance System (G-CAS), maka untuk menon-aktifkan manuver Su-35 yang ‘super-liar’ yang terkadang membuat pilot mengalami dis-orientasi atau kehilangan arah dan ketinggian tersedia tombol ‘zero-roll’ di stik kontrol yang akan menetralkan posisi pesawat sejajar dengan permukaan bumi.

Pilot Su-35 juga sangat terbantu dengan sistem otomatisasi lainnya, karena kokpit Su-35 bisa memilihkan modus penerbangan, dimana komputer akan mengelola pesawat sepanjang rute penerbangan yang sangat membantu pilot mengurangi kelelahan akibat perjalanan panjang. Saat terjadi pertarungan udara, komputer Su-35 juga membantu pilot memilihkan persenjataan yang tepat yang disesuaikan dengan targetnya.

Jadi dengan segala kelebihannya, benarkah Su-35 adalah pesawat tempur yang paling mematikan di dunia?

JakartaGreater

Leave a Reply