Israel dan Filipina Negosiasi Kapal Patroli Cepat Super Dvora

Israel Aerospace Industries (IAI) telah mengkonfirmasi bahwa saat ini sedang negosiasi dengan pemerintah Filipina untuk menyediakan sejumlah kapal serang cepat (FAC) Super Dvora Mk III bagi Angkatan Laut dan patroli penjaga pantai.

Berbicara kepada IHS Jane dalam pameran ADAS 2016 di Manila, seorang pejabat dari divisi pemasaran internasional IAI menekankan bahwa pembicaraan masih pada tahap awal, dan pemerintah Filipina belum memutuskan berapa jumlah platform yang akan dibeli.

Angkatan Laut Filipina (PN) memiliki kebutuhan untuk kapal serang cepat (FAC) di bawah fase yang dikenal sebagai ‘Horizon 2’ dalam program upgrade kemampuan pasukannya. Kebutuhan untuk membekali Angkatan Laut dengan kemampuan pencegatan pesisir.

“Jumlah kapal yang diperlukan belum diputuskan”, kata pejabat IAI, yang menambahkan bahwa akuisisi juga bersama dengan Penjaga Pantai Filipina membutuhkan platform kapal patroli cepat.

“Super Dvora Mk IIIi sangat dapat dikonfigurasi dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dimanapun mereka berada”.

Sesuai dengan spesifikasi yang disediakan oleh IAI, Super Dvora Mk IIIi memiliki kecepatan tertinggi lebih dari 40 knot, dan jangkauan standar 300 mil laut pada kecepatan 30 knot. Platform ini memiliki panjang 20 m yang dapat beroperasi sampai dengan Sea State 3, dengan masa hidup sampai dengan Sea State 5.

Pelanggan juga dapat memilih sistem propulsi antara Articulating Surface Drive(ASD) atau waterjet.

Senjata yang dapat dimasukkan pada platform itu termasuk senjata kaliber 23 mm, 25 mm, atau 30 mm dengan penstabil dibagian depan, dan meriam 20 mm pada posisi buritan.

 

Karakteristik Umum:

  • Tipe: Kapal Patroli Cepat
  • Bobot: 60 ton (penuh)
  • Panjang: 27,4 m (termasuk platform ASD)
  • Lebar: 5,67 m
  • Draft: 1,1 m
  • Propulsi: 2x Detroit Diesel MTU 12V-4000 M90 (3.113 kW) atau 2x Arneson Surface Drive-16 (sistem propusli artikulasi)
  • Kecepatan: 45 – 50 knot (83 – 93 km/jam)
  • Jangkauan jelajah: 700 mil laut (1.300 km) pada kecepatan 14 knot (26 km/jam); 300 mil laut (555 km) pada kecepatan 30 knot (55 km/jam)
  • Persenjataan: 1x Typhoon 25-30 mm atau 1x Oerlikon 20 mm; 2x Senapan mesin 12,7 mm

 

Sumber: IHS Jane

Vegassus © JakartaGreater.com

Sharing

Tinggalkan komentar