Filipina, Indonesia, dan Malaysia Sepakati Patroli Udara Bersama

Para menteri pertahanan dari Filipina, Indonesia dan Malaysia telah sepakat untuk melakukan patroli udara bersama selama pertemuan trilateral mereka di Hawaii dalam Dialog ASEAN-AS.

“Tiga menteri sepakat untuk mengeksplorasi patroli udara bersama, bahkan saat angkatan bersenjata masing-masing sedang menyelesaikan parameter untuk kesepakatan koridor transit patroli maritim diantara tiga negara sebagai daerah maritim yang menjadi perhatian bersama,” isi pernyataan Departemen Pertahanan Nasional (DND ) pada hari Senin.

Bulan lalu, tiga negara menandatangani dokumen prosedur operasi standar untuk kerjasama maritim trilateral guna mengamankan perairan regional. Kesepakatan untuk meluncurkan patroli bersama di laut dilakukan setelah terjadi peningkatan penculikan yang dipimpin oleh Abu Sayyaf pada tahun ini.

“Terutama didorong oleh kebutuhan untuk mengatasi peningkatan insiden perampokan bersenjata di laut, penculikan dan pembajakan di wilayah tiga negara yang menjadi perhatian bersama. Pertemuan trilateral telah berkembang menjadi sebuah platform untuk para menteri pertahanan guna mengatasi masalah umum lainnya yang muncul, termasuk kekerasan ekstremisme,” kata DND.

Sumber: Inquirer