Pesawat Tempur Sukhoi dan F-16 TNI Angkatan Udara Lakukan Geladi Angkasa Yudha 2016

Empat pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang terdiri dari dua Sukhoi Skuadron Udara 11 pangkalan udara Sultan Hasanuddin dan dua F-16 Skuadron Udara 16 Lanud Suwondo, melakukan pertempuran udara di atas langit Ranai, Natuna, Kepulauan Riau (4/10). Latihan pertempuran udara ini merupakan skenario dalam latihan puncak “Angkasa Yudha 2016” TNI Angkatan Udara yang di gelar di Kepulauan Natuna.

“Hari ini kita berlatih terbang jelang acara puncak Angkasa Yudha di Ranai. Sukhoi akan berfungsi sebagai salah satu penyerang pada target misi pengeboman di laut,” ujar Komandan Skuadron Udara 11, Letnan Kolonel Penerbang David Hamzah.

Sukhoi TNI Angkatan Udara bersiap terbang dalam latihan perang bertajuk Angkasa Yudha yang dipusatkan di Lanud Ranai. (Pendrie Poetra/FB/WB)

Pesawat Tempur Sukhoi dan F-16 TNI Angkatan Udara Lakukan Geladi Angkasa Yudha 2016 1

Dalam latihan, tiga Sukhoi Su-27/30 MKI diterbangkan ke Kepulauan Natuna untuk bergabung dengan berbagai pesawat tempur lainnya yang terbang dari Natuna.

Ketika hendak mendarat di Bandara Hang Nadim, tiga Sukhoi Su-27/30 MKI Flankers melakukan manuver. Salah satu penerbangan vertikal terbaik bahkan kemudian menukik sebelum memutar dan mendarat.

https://www.youtube.com/watch?v=nq26Bs5zxjE
“Itu salah satu cara untuk melatih ketangkasan bagi pilot pesawat tempur. Agility diperlukan bagi pilot pesawat tempur Angkatan Udara,” ujar Letnan Kolonel Penerbang David Hamzah.

Dalam acara utama, Sukhoi Su-27/30 MKI akan melakukan pemboman udara-darat dengan menyasar target kapal atau sasaran lain yang telah dipasang di sekitar perairan Natuna.

Saat ini, sebanyak lima unit Sukhoi Su-27/30 MKI telah disiagakan di Batam. Pada tanggal 6 Oktober, jumlah Sukhoi Su-27/30 MKI di Bandara Internasional Hang Nadim akan bertambah menjadi tujuh unit dan 10 unit F-16 Fighting Falcon.

Sumber: Youtube/Vom Kriege

Leave a Reply