F-16 Israel Eject, Satu Pilot Tewas

Pilot Angkatan Udara Israel tewas setelah eject dari jet tempur F-16 saat mencoba mendarat di pangkalan udara Ramon di Israel selatan.

Pilot Mayor Ohad Cohen November, yang juga wakil Komandan Skuadron Udara tewas sementara navigator pesawat hanya menderita luka ringan. Kedua pilot langsung dilarikan ke rumah sakit.

F-16I sebenarnya baru kembali dari melakukan serangan di Jalur Gaza, Palestina. Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang beberapa sasaran di Gaza setelah sebuah roket ditembakkan dari Gaza dan menghantam kota perbatasan Sderot.

Menurut media Palestina, jet tempur Israel menyerang target di Al-Tufah Kota Gaza di Jalur Utara dan di kota Khan Younis di bagian selatan Gaza. F-16 Israel juga menyerang target yang diduga gudang penyimpanan roket Hamas.

Militer Israel masih belum mengetahui penyebab ejectnya dua pilot F-16 , dan masih melakukan penyelidikan insiden mematikan tersebut, yang selain menewaskan satu pilot juga menyebabkan F-16 Israel jatuh dan terbakar.

F-16I Soufa, dibuat khusus oleh Lockhead Martin untuk Angkatan Udara Israel, dan dikenal dengan julukan “Storm”. Ini adalah kematian pertama pilot Angkatan Udara Israel sejak tahun 2010 ketika sebuah F-16 jatuh saat latihan di Ramon Crater, Gurun Negev yang menewaskan kedua pilotnya.