Rusia Rampungkan Pengiriman S-300 ke Iran

S-300 (Dmitriy Rogulin/ITAR-TASS)
Rusia Rampungkan Pengiriman S-300 ke Iran 1

Moskow – Rusia telah menyelesaikan pengiriman sistem pertahanan udara S-300 ke Iran, ujar pejabat Layanan Federal untuk Kerjasama Teknik Militer Rusia, 13/10/2016.

“Ya, pengiriman telah dilakukan lewat persediaan yang ada,” kata pejabat FSMTC dalam membalas pertanyaan TASS..

Menteri Pertahanan Iran Hossein Dehghan akhir Agustus lalu mengatakan Teheran mengharapkan suplai akan selesai dalam waktu satu bulan.

Kontrak untuk penjualan S-300 ke Iran merujuk kepada perjanjian tahun 2007 yang ditangguhkan pada tahun 2010. Pada musim semi 2015 Presiden Rusia Vladimir Putin mencabut larangan penjualan S-300 ke Iran. Kontrak ini berlaku efektif pada November 2015.

S-300 adalah sistem pertahanan rudal permukaan-ke-udara jarak jauh buatan Rusia yang diproduksi oleh NPO Almaz, yang didasarkan pada versi awal S-300P.

Sistem S-300 dikembangkan untuk pertahanan terhadap rudal pesawat dan kapal perang bagi Pertahanan Angkatan Udara Soviet. Versi berikutnya dikembangkan untuk mencegat rudal balistik. Sistem S-300 pertama kali digunakan oleh Uni Soviet pada tahun 1979, dirancang untuk pertahanan udara untuk melindungi fasilitas industri besar, pangkalan militer, dan penjagaan wilayah udara terhadap serangan pesawat musuh.

TASS

Nb : Jika militer suatu negara ingin maju, jangan bermain-main dengan pembelian yang terkait dengan teknologi mutakhir. Belilah dari negara-negara yang teknologinya memang telah maju dan terukur.

Leave a Comment