Manuver Kulbit – Hanya Bisa Dilakukan Pesawat Tempur Super Manuver

Selain manuver Pugacev Cobra, pilot andalan Rusia lainnya juga memiliki manuver unik yang tidak kalah hebatnya yakni manuver “Kulbit” (Frolov chakra). Kulbit yang dalam bahasa Rusia berarti jungkir atau Frolov Chakra yang berarti “putaran” yang dipelopori oleh pilot uji Rusia Yevgeni Frolov.

Kulbit adalah manuver udara loop yang sangat ketat, lebih ketat dari panjang pesawat tempur itu sendiri. Berbeda dengan loop standar yang memanfaatkan momen menjatuhkan pesawat saat melakukan loop. mnauver Kulbit menurunkan kecepatan pesawat secara drastis yg diikuti manuver loop ketat yang bisa membuat pesawat musuh yang mengejar menjadi overshoot.

Dalam pertempuran dogfight sebenarnya, manuver ini sangat berguna untuk menghindari kejaran dan incaran pesawat tempur musuh secara cepat dan tidak terduga, dan membalik keadaan menjadi pihak yang memburu pesawat tempur musuh.

Dalam situasi kritis, manuver Kulbit juga bisa digunakan untuk mengecoh rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM.

Menggunakan sistem penjejak Seeker Active Radar Homing, rudal AIM-120 menggunakan informasi dari perbedaan frekuensi efek doppler dari pesawat target yang menjadi incarannya. Metode seeker AMRAAM ini memiliki kelemahan karena hanya bisa mendeteksi target yang bergerak dalam kecepatan tertentu.

Saat melakukan manuver Kulbit, kecepatan jet tempur Sukhoi mendekati mach 0 sehingga tidak menimbulkan efek doppler, dan rudal AMRAAM akan mengira pesawat target yang diincarnya sudah “menghilang” sehingga akan terus melesat tanpa penguncian.

Leave a Reply