Korvet Molniya Vietnam, Segera Dilengkapi SeaRAM

SeaRAM
SeaRAM

Kemungkinan besar dalam waktu dekat, Vietnam akan membeli sistem pertahanan udara SeaRAM, Amrika Serikat, untuk melengkapi kapal rudal Molniya.

Saat ini, kapal rudal Molniya dari Angkatan Laut Vietnam hanya dilengkapi dengan variasi rudal jarak pendek dan meriam hingga AK-630 untuk pertahanan udara. Di dalamnya, artileri CIWS AK-630 yang dinilai mampu menembak jatuh rudal jelajah.

Namun, jangkauan efektif AK-630 sangat pendek (sekitar 2,5 km), yang membuat kapal perang bisa terluka jika AK-630 tidak bisa memblokir tembakan, atau tembakan yang diblokir dari jarak dekat ke kapal – dapat membuat serpihan rudal lawan merusak kapal atau mencederai awaknya.

Dengan adanya sistem rudal pertahanan udara SeaRAM, akan bermanfaat membekali kapal perang Vietnam, misi tempur, yang tujuannya untuk mencegat rudal jelajah.

sistem rudal pertahanan udara jarak dekat Raytheon SeaRAM dikembangkan berdasarkan sistem Phalanx CIWS Mk Highway-15 Block 1B yang digunakan kapal Angkatan Laut AS.

Mengenai desain keseluruhan, Phalanx CIWS dan SeaRAM hampir sama, satu-satunya perbedaan adalah kombinasi Gatling gun M61A1 Phalanx CIWS 20mm digantikan oleh kombinasi tabung peluncuran 11 rudal dari RIM-116.

Rudal dipandu oleh radar dan optoelektroniknya setara SeaRAM Phalanx CIWS.

SeaRAM juga dapat dianggap sebagai variasi miniatur sistem rudal pertahanan udara RIM-116, Angkatan Laut AS dan sekutunya yang memasuki pelayanan sejak awal 1990-an hingga saat ini.

Korvet Molniya class
Korvet Molniya class

Tidak seperti SeaRAM, pendahulunya RIM-116 dilengkapi sampai 21 rudal permukaan-ke-udara dan ukuran yang relatif lebih besar, tetapi tidak menggunakan radar atau sistem navigasi optik yang dibangun di atas SeaRAM.

Soha.vn

Tinggalkan komentar