Duterte : Goodbye Amerika

duterte

Dalam kunjungannya ke China, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyampaikan salam perpisahannya dengan Amerika Serikat (AS). Ucapan tersebut disampaikan Duterte dihadapan komunitas Filipina di Beijing.

“Pasukan AS tinggal di negara saya adalah untuk keuntungan mereka sendiri. Jadi, waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal, teman saya,” ucap Duterte, dikutip dari Russia Today, Kamis (21/10/2016)

Menurutnya pasukan AS sudah terlalu lama tinggal di Filipina, dan sudah waktunya pemerintah AS menarik pulang pasukannya. Dia juga menegaskan, tidak ada lagi kerja sama dalam bentuk apapun dengan AS, termasuk latihan perang bersama.

“Tidak akan lagi intervensi dari Amerika. Tidak ada latihan dengan Amerika. Saya juga tidak akan pergi ke Amerika lagi, karena hanya akan mendapatkan pernghinaan di sana,” tegasnya.

Kunjungan Duterte ke China adalah untuk memperbaiki hubungan kedua negara dan melanjutkan beberapa kerjasama yang sempat terhenti. Beberapa kesepakatan telah dicapai saat pertemuan Duterte dengan Presiden China XI Jin-ping.

Sharing

Tinggalkan komentar