Home » Alutsita Canggih » Israel Segera Tambah Kapal Selam dari Jerman

Israel Segera Tambah Kapal Selam dari Jerman

Kapal selam Dolphin class Israel di pelabuhan Haifa

Yerusalem – Israel berniat membeli 3 kapal selam canggih Jerman dengan harga 1,2 miliar euro (Rp 17 triliun), ujar harian Israel Maariv, 21/10/2016.

Harian Maariv mengatakan rencana pembelian itu untuk menggantikan kapal selam tertua kelas Dolphin mereka yang mulai berdinas tahun 1999. Pihak kementerian pertahanan Israel menolak memberikan komentar tentang laporan tersebut, ketika dihubungi AFP.

Israel sebenarnya telah memiliki 5 kapal selam tercanggih buatan Jerman. Kapal selam ke enam akan dikirim pada 2017, ujar harian Maariv. Sumber-pertahanan asing mengatakan, kapal-kapal selam kelas Dolphin Israel dapat diperlengkapi dengan rudal-rudal berhulu ledak nuklir dan Israel memiliki 100 hingga 200 hulu ledak dan rudal yang dapat dipasang hulu ledak nuklir.

Kapal selam Dolphin class Israel

Israel merupakan satu-satunya kekuatan nuklir di Timur Tengah, namun tidak mengakuinya dan menolak untuk membenarkan ataupun membantah kepemilikan senjata nuklir.

Menurut laporan Maariv, “Kapal-kapal selam baru yang akan dibeli, lebih maju, lebih panjang, dan diperlengkapi peralatan yang lebih lengkap.”

Pada 2012, mingguan Der Spiegel Jerman mengutip mantan petinggi kementerian pertahanan Jerman yang mengatakan, Jerman meyakini Israel memasang hulu ledak nuklir pada kapal-kapal selam jenis Dolphin. Sementara itu, kantor Kanselir Angela Merkel mengatakan bahwa semua kapal selam yang dikirim ke Israel tidak bersenjata.”

AFP