Home » Alutsita Canggih » Patroli Kapal Perang Amerika di LCS Membuat China Murka

Patroli Kapal Perang Amerika di LCS Membuat China Murka

Amerika Serikat (AS) mengerahkan sebuah kapal perang USS Decatur untuk melakukan patroli di Laut China Selatan, tepatnya di wilayah kepulauan Paracel, yang menjadi sengketa sejumlah negara. Patroli militer ini sengaja dilakukan AS sebagai bentuk protes atas klaim wilayah yang dinilai berlebihan.

Keberadaan kapar USS Decatur tentu saja membuat Pemerintah China marah dan melayangkan protes keras. China juga langsung mengerahkan dua kapal perangnya, Guangzhou dan Luoyang untuk mengusir kapal perang milik AS.

”Kami mendesak pihak AS untuk menghormati kepentingan kedaulatan dan keamanan nasional China, dan tidak terus mengulangi kesalahan yang sama. Militer China akan meningkatkan upaya patroli udara dan maritim sesuai dengan kebutuhan, memperkuat kemampuan pertahanan di semua bidang, dan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanan nasional.” Isi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan China, Sabtu (22/10/2016).

China menganggap keberadaan kapal perang AS sebagai bentuk provokasi yang akan merusak situasai keamanan di Laut China Selatan. China telah mengklaim pulau Parcel masuk ke dalam wilayah kekuasaanya sejak tahun 1996.