SAAB Siap Gandeng Indonesia Ciptakan Teknologi Independen

air_jas-39ng_iris-t_meteor_gbu-10

Presiden dan CEO, Saab Asia Pasifik, Dan Enstedt, berbicara tentang kegiatan Saab di Indonesia, proposal Gripen dan upaya agar dapat menjadi mitra dalam memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia.

Dapatkah Anda secara singkat menjelaskan kegiatan Saab di Indonesia ?

Kami memiliki produk andalan yang hadir di seluruh wilayah membentang dari Korea hingga ke India. Produk kami telah digunakan di sebagian besar negara-negara Asia Tenggara dan telah teruji dalam waktu yang lama. Angkatan bersenjata Indonesia merupakan pelanggan RBS 70 dan radar Giraffe selama bertahun-tahun, dan kami melihat banyak potensi dengan Indonesia untuk beberapa sektor di masa depan.

Indonesia menghadapi tantangan yang cukup unik, mulai dari pengamanan sejumlah rute laut yang paling sensitif di dunia, ancaman dari bajak laut, illegal fishing, penebangan dan peredaran gelap dan banyak lainnya. Agar dapat menjangkau semua itu, Indonesia memerlukan sistem pengawasan kualitas tinggi. Ini tidak hanya soal menambahkan angka-angka untuk pengawasan wilayah darat dan laut yang kompleks. Pertanyaannya adalah tentang bagaimana mengawasi kalaikan aset melalui teknologi canggih.

Misalnya, mensinkronkan informasi data link antara matra darat, udara dan laut dengan cepat dan memungkinkan Anda menyebarkan solusi terbaik dan tercepat. Saab unggul dalam solusi ini dan merupakan salah satu alasan mengapa kekuatan pertahanan Indonesia mengambil begitu banyak produk kami.

Saab dan Swedia bisa menciptakan teknologi yang independen dari kekuatan besar, karena sikap politik kami yang unik selama Perang Dingin. Hari ini, kita dapat melihat banyak kesamaan dengan Indonesia, yang terletak di wilayah yang menarik bagi hampir semua kekuatan super – yang semuanya hadir langsung di sekitar Indonesia. Komitmen Indonesia untuk menciptakan industri pertahanan yang kuat, mandiri di dalam negeri, dillihat Saab sebagai pasangan yang sempurna untuk membangun industri pertahanan dalam negeri karena filosofi kami adalah kerjasama industri.

Bagaimana Gripen memenuhi kebutuhan masa depan Angkatan Udara Indonesia?

Angkatan Udara Indonesia menjaga wilayah yang sangat besar, mencakup lebih dari 17.000 pulau, yang membentang lebih dari hampir 2 juta kilometer persegi. Kepulauan yang luas membutuhkan kekuatan udara dengan ketersediaan operasional yang tinggi. Dengan waktu yang singkat untuk persiapan operasional, Indonesia membutuhkan pesawat berkemampuan peran ganda, dimana situasi dapat berubah menjadi ancaman dan memerlukan intervensi dalam rentang waktu yang sangat singkat. Yang paling penting, negara perlu cukup pesawat untuk menjaga perbatasan, di wilayah yang terbuka dari segala arah.

Gripen merupakan generasi baru, pesawat tempur multi-peran yang siap masuk dalam layanan operasional. Dengan menggunakan teknologi terbaru, Gripen mampu melakukan berbagai tugas, baik udara-ke-udara, udara-ke-permukaan dan misi pengintaian menggunakan senjata terbaru. Gripen merupakan pesawat tempur berkemampuan tinggi dengan kemampuan multi-peran yang baik dan biaya yang efektif untuk beroperasi dalam jangka panjang, yang bertentangan dengan pesaing yang bermesin ganda besar dan berat.

battlefiled-network

Apa saja fitur kunci usulan Saab Gripen untuk Indonesia?

Kami telah menawarkan pesawat tempur Gripen C dilengkapi dengan upgrade kemampuan MS20 terbaru yang meliputi Rudal Meteor MBDA (beyond-visual-range air-to-air missile) dan bom GBU-39 Small-Diameter. Opsi Gripen E juga terbuka tergantung kemampuan yang dibutuhkan Indonesia.

Proposal kami cukup komprehensif, fleksibel dan diarahkan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan kemampuan kedirgantaraan pertahanan negara Indonesia. Gripen dapat memenuhi setiap kebutuhan operasional yang dihadapi Indonesia dan ini adalah solusi tempur yang paling efektif untuk Indonesia.

Kami menawarkan sistem pertahanan udara lengkap yang mencakup sistem peringatan dini (AEW & C) untuk pengawasan maritim dan pengawasan wilayah, datalink taktis untuk berbagi data di seluruh platform serta komando dan control berbasis darat.

Kami berkomitmen kerja sama dengan industri lokal dalam mendukung pengguna akhir. Banyak pekerjaan dapat diciptakan melalui kerjasama industri yang kuat yang mencakup transfer teknologi dan produksi lokal. Bagi kami, penting untuk membangun kompetensi dengan orang-orang lokal di negara Indonesia. Kami menciptakan banyak pekerjaan dengan konsep tersebut, dan ini sesuatu yang tidak dilakukan oleh pesaing kami.

Sumber : Saab.com

Tinggalkan komentar