Banyak Faktor Penyebab Kegagalan Rudal Anti Kapal C-705

Beberapa waktu lalu dua rudal anti kapal C-705 buatan China meleset dari target saat ditembakkan dari fast missile boat KCR-40 Indonesia selama latihan perang yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dilaporkan oleh The Jakarta Post, Indonesia akan mendapatkan lisensi untuk memproduksi sendiri rudal C-705 secara lokal pada tahun 2017 atau 2018. Masih belum jelas apakah kontrak lisensi akan terpengaruh oleh peluncuran rudal yang gagal.

Para ahli militer Cina menyatakan, kinerja yang buruk dari rudal anti kapal sub-sonic C-705 mungkin akan menyebabkan kerugian dalam jangka pendek pada penjualan senjata buatan Cina ke pasar internasional.

“Tidak mungkin memastikan semua rudal bisa mencapai target secara akurat,” kata pengamat militer Zhou Chenming, yang sebelumnya bekerja pada anak perusahaan China Aerospace Sains dan Teknologi Corporation. “Biasanya, produsen akan mencatat kemampuan ketepatan sasaran rudal dari 90 sampai 95 persen selama uji penembakan”.

Menurut Zhou, ketika ditembakkan, faktor manusia juga memainkan peran kunci saat rudal melakukan penerbangan menengah untuk memutuskan apakah akan mencapai target yang sudah ditetapkan, termasuk serangkaian data referensi seperti ketinggian berapa yang dibutuhkan untuk naik ke ketinggian pertama dan juga saat bermanuver.

Zhou juga memuji kemampuan dari rudal anti kapal C-701 dan C-704, varian yang sebenarnya memiliki jangkauan lebih pendek dari C-705, yang telah terbukti berhasil menghancurkan kapal Uni Emirat Arab dalam perang di Yaman.

Sedangkan pakar Angkatan Laut Li Jie menyatakan factor cuaca lokal juga berpengaruh, termasuk apakah operator rudal Indonesia sudah mengikuti semua prosedur yang diperlukan, juga akan mempengaruhi hasil peluncuran.

“Senjata dibuat dari berbagai bahan logam dan bahan sensitif lainnya, dan cuaca lokal seperti suhu, kelembaban, salinitas juga dapat menyebabkan masalah,” kata Li, seraya menambahkan bahwa iklim di Cina sangat berbeda dengan iklim di Indonesia.

Sumber : scmp.com

Sharing

Tinggalkan komentar