Irak Tingkatkan Serangan ke Mosul

A member of the Iraqi Air Force looks out of a military helicopter at an aerial view of Baghdad

Pasukan Irak terus melakukan serangan terhadap kelompok ISIS di kota Mosul. Saat ini serangan pasukan gabungan Irak terkonsentrasi di bagian timur Mosul, tepatnya di sungai Tigris. Sejak operasi militer dilakukan, pasukan gabungan Irak telah membebaskan beberapa kota.

“Sejak awal operasi sampai saat ini, pasukan Irak telah membebaskan sejumlah besar kabupaten, desa, dan kota-kota di Provinsi Nineveh, dimana Mosul adalah ibukotanya, dan hal ini akan terus berjalan sesuai jadwal. Operasi ini akan terus berjalan hingga seluruh Mosul sudah berhasil direbut kembali dari tangan ISIS,” ungkap Perdana Menteri Irak, Haider el-Abadi, dikutip dari Reuters, Senin (31/10/2016).

Gempuran terhadap ISIS telah dilakukan pasukan Irak selama dua pekan. Irak juga sempat menghentikan serangan untuk kembali mengumpulkan kekuatan. “Pemerintah Irak sejatinya telah membantah jika mereka menghentikan sementara operasi yang sudah berlangsung sejak dua pekan lalu itu,” kata Abadi.
Akibat serangan ini, kelompok militan ISIS dikabarkan semakin terjepit, lebih dari lima ratus anggota ISIS dilaporkan tewas dalam serangan tersebut. Sementara itu, ribuan warga sipil terpaksa harus mengungsi.

sumber : sindonews

Tinggalkan komentar