Jalani Latihan, Weapon Bay F-35B Terbakar

Sebuah pesawat tempur F-35B Korps Marinir AS yang bermarkas di Beaufort, Carolina Selatan, terbakar pada bagian bay weapon saat melakukan misi pelatihan terbang. Tidak ada korban cedera dan F-35B berhasil mendarat ke pangkalannya dengan selamat. Saat ini tim penyelidik sudah diterjunkan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.

Belum bisa diperkirakan seberapa parah F-35B terbakar, hanya insiden seperti ini dikategorikan oleh Naval Safety Center sebagai kecelakaan Kelas A yang berarti tingkat kerusakan dengan kerugian lebih dari US$ 2 juta pada pesawat yang seharga US$ 100 juta.

Skuadron Marine Fighter Attack Training 501 tidak akan mengevaluasi atau meng-grounded seluruh F-35B setelah terjadinya insiden kebakaran terbaru tersebut.

Program F-35 telah beberapa kali mengalami kemunduran karena insiden pesawat terbakar, sebelumnya juga terjadi insiden kebakaran yang melibatkan pesawat F-35A Angkatan Udara AS, yang menyebabkan kerusakan dengan biaya perbaikan yang mencapai US$ 50 juta. Kerusakan memaksa Korps Marinir menunda debut internasional F-35B ini di Farnborough International Airshow 2014. Baru-baru ini pada bulan September, F-35A dari Fighter Squadron 61 terbakar di bagian belakang pesawat setelah mesinnya dihidupkan yang memaksa pilot keluar dari pesawat.

Sharing

Tinggalkan komentar