TNI Akan Bangun Markas Batalyon Artileri Pertahanan Udara di Kupang

Giant Bow I & Zur -23 -2KG Gun / Misile.
Markas Besar (Mabes) TNI berencana membangun Markas Batalyon Artileri Pertahanan Udara di wilayah Camplong, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada tahun 2017.

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Heri Wiranto, mengatakan bahwa hal itu merupakan salah satu rencana strategis TNI dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan.

Brigjen Heri menjelaskan bahwa pembangunan artileri pertahanan udara tersebut diperlukan mengingat NTT berbatasan dengan wilayah udara Timor Leste dan Australia.

“Alutista yang akan ditaruh di Camplong juga adalah alutista yang sudah sangat modern, yang tentunya yang mampu untuk menjatuhkan pesawat-pesawat musuh jika terbang di atas wilayah Indonesia,” ujar Brigjen Heri, seperti dilansir Antara pada Jumat (11/11).

Komandan Korem 161/Wirasakti mengatakan bahwa pembangunan artileri pertahanan udara di Camplong tersebut bukan berarti bahwa wilayah Indonesia Timur sedang dalam ancaman dari musuh. Namun menurutnya, rencana itu sebagai bagian dari kesiapan TNI dalam menjaga wilayah Indonesia.

Selain artileri pertahanan udara, TNI juga akan membangun markas kavaleri yang kekuatannya mencapai satu setingkat kompi di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste pada tahun 2017. “Untuk komando kavaleri nantinya alutista yang disiapkan berupa tank-tank yang memang disiapkan untuk pertempuran darat,” ujar Brigjen Heri.

Sumber: Antara

Sharing

Tinggalkan komentar