Satu Jam Terbang Sukhoi Rp 500 Juta

Solo – Pengoperasian pesawat Sukhoi untuk patroli udara ataupun misi lainnya membutuhkan biaya operasional yang tinggi. “Untuk menerbangkan pesawat sukhoi satu jam biayanya sekitar 500 juta,” ujar Kepala Seksi Bimbingan dan Penyuluhan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogjakarta, Letkol AU Sus Yuto Nugroho saat memberikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret UNS Solo, (11/11/2016) di gedung dr. Prakosa UNS.

Menurutnya, ancaman illegal visit, dan pelanggaran perbatasan bukan hanya terjadi di wilayah lautan ataupun daratan tetapi juga di wilayah udara.

Alutsista canggih untuk melakukan patroli udara sangat penting meski operasionalnya untuk mengejar dan denda tidak imbang. “Misal mencegat pesawat asing, itu terbang satu jam 500 juta, tapi dendanya ke pesawat yang dicegat hanya 60 juta,” ujarnya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah demi menjaga wibawa Indonesia. “Jangankan biaya , jiwa raga dikorbankan,” tegasnya.

Keberadaan angkatan udara sangat penting untuk menjaga Indonesia berada dalam wilayah yang sangat luas. Total daratan dan lautan mencapai sekitar 7,9 juta km, sehingga rentan terhadap berbagai ancaman. TNI sejauh ini berupaya merangkul dan melibatkan seluruh elemen bangsa untuk mengatasi ancaman yang bertujuan merapuhkan integrasi bangsa.

Sumber : Solo.tribunnews.com