Jul 182019
 

Rudal anti kapal MANSUP saat ditembakkan (foto : Naval Today)

Angkatan Laut Brasil menembakkan prototipe rudal anti kapal ketiga dan terakhir dari sistem MANSUP(Míssil Antinavio Nacional de Superfície) buatan dalam negeri pada 10 Juli.

Rudal ditembakkan dari fregat Niteró F Independência class (F44) terhadap kapal tunda RbAM Tridente (R22) di laut antara kota di Rio de Janeiro dan Cabo Frio di Negara Bagian Rio de Janeiro.

Peluncuran ini sebenarnya direncanakan dilakukan pada 18 Juni dengan sasaran korvet Inhaúma Cv Inhaúma class (V30) tetapi operasi itu dibatalkan karena adanya kerusakan dengan tabung peluncur, yang dipasok oleh perusahaan Avibras Indústria Aeroespacial.

Prototipe pertama diluncurkan dari corvette Cv Barroso (V34) pada 27 November 2018 dan yang kedua oleh Fregat Independencia pada 20 Maret 2019. Prototipe dilengkapi dengan hulu ledak telemetri yang dikembangkan oleh SIATT – Engenharia, Indutria e Comércio, yang terdiri dari transceiver telemetry and a safe and arming device.

Sumber-sumber pertahanan telah mengindikasikan bahwa angkatan laut akan membeli batch pertama rudal-rudal anti kapal yang dilengkapi dengan hulu ledak high-explosive blast/pre-fragmented seberat 144 kg yang akan dikirimkan mulai tahun 2020 dan seterusnya.

Jane’s

 Posted by on Juli 18, 2019

  One Response to “Brasil Tes Terakhir Rudal Anti Kapal MANSUP”

  1.  

    sayang rudal tidak mengenai sasaran tapi salut buat Brazil belajar mandiri produksi rudal sendiri, beberapa tahun kedepan pasti berhasil si Mansur menghancurkan target.