A-10 Thunderbolt II AS Tanpa Sengaja Jatuhkan Bom di Korea Selatan

Jakartagreater.com – Jet A-10 Thunderbolt II milik militer AS di Korea Selatan secara tidak sengaja menjatuhkan proyektil non-eksplosif saat dalam misi pelatihan awal bulan ini, lansir Defenseworld.

Jet serang darat A-10 Thunderbolt II, yang bermarkas di Pangkalan Udara Osan di Pyeongtaek, sekitar 70 kilometer selatan Seoul, secara tidak sengaja melepaskan amunisi tanpa hulu ledak di “didaerah terpencil” pada 13 Oktober, amunisi dilaporkan jatuh di area yang tidak membahayakan warga, tulis Yonhap yang mengutip pernyataan dari Militer AS.

Tanpa memberikan lokasi yang tepat, koran Stars and Stripes melaporkan bahwa lokasi jatuhnya bom itu di provinsi pegunungan timur Gangwon. Pihak militer juga tidak menjelaskan secara spesifik bom yang jatuh, hanya menyatakan amunisi itu terdiri dari dari material komposit yang akan pecah atau terbakar saat terkena benturan.

Militer AS segera memberi tahu Korea Selatan tentang insiden itu dan melakukan operasi pencarian bersama-sama hingga 16 Oktober. Laporan itu tidak menyebutkan apakah proyektil itu sudah berhasil ditemukan atau belum.

“Pimpinan dari Skuadron ke-51 telah menerapkan langkah-langkah mitigasi tambahan untuk mengurangi kemungkinan insiden seperti ini terjadi di masa depan,” katanya, menambahkan bahwa penyelidikan saat ini sedang dilakukan.

A-10 Thunderbolt II adalah pesawat serang andalan utama Angkatan Darat AS, terutama dalam misi serangan udara jarak dekat untuk memberikan bantuan tembakan kepada pasukan di darat.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar