Nov 022014
 
Bomber Rusia yang diphoto oleh pesawat Typhoon RAF Quick Reaction, yang mendekati wilayah udara Inggris pada 31/10/2014 (Mod)

Bomber Rusia yang diphoto oleh pesawat Typhoon RAF Quick Reaction, yang mendekati wilayah udara Inggris pada 31/10/2014 (Mod)

Sebuah tindakan tidak biasa dalam pergerakan pesawat terbang Rusia di seluruh wilayah udara Eropa dalam beberapa hari terakhir dan baru-baru ini ada kapal selam rusia yang muncul di Swedia yang membuat pejabat NATO meningkatkan kewasapadaan.

Menurut laporan BBC 1 November 2014, dalam tiga hari terakhhir, sudah dua kali Bomber Rusia mendekati wilayah udara Inggris dan dicegat oleh jet RAF dari base Lossiemouth.

Menurut Menteri Pertahanan Inggris, dua Bomber Tu-95 Rusia terbang di wilayah udara internasional, mendekati wilayah Inggris

Bahkan radar NATO mendapatkan gambar rangkaian formasi “manuver militer yang signifikan”, yang bergerak dari Laut Hitam menuju Samudera Atlantik.

Sebelumnya, sekelompok pesawat bomber militer Rusia dan pesawat tanker, terbang dengan kedok latihan militer, yang terdeteksi dan dimonitor dari Laut Baltik, Laut Utara dan Laut Hitam pada hari Selasa dan Rabu.

Penerbangan mereka menjadi “tingkat yang tidak biasa dari aktivitas udara di atas wilayah udara Eropa,” menurut siaran pers dari NATO.

Yang menambah kekhawatiran NATO, tidak ada pesawat Rusia yang mengajukan rencana penerbangan atau mempertahankan kontak radio dengan otoritas penerbangan sipil atau menggunakan salah satu transponder onboard milik mereka.

“Ini menimbulkan risiko potensial untuk penerbangan sipil sebagai pengontrol lalu lintas udara dan kami tidak dapat mendeteksi pesawat ini atau memastikan tidak ada gangguan dengan lalu lintas udara sipil,” kata NATO dalam rilis mereka.

Kekhawatiran tersebut juga disuarakan oleh seorang pejabat AS yang berbicara dengan CNN yang mencatat bahwa, tidak ada interaksi baru antara AS dan pesawat Rusia di titik ini. NATO mengatakan bahwa dalam jangka waktu 24 jam berakhir Rabu malam, ada lebih dari 19 kasus pesawat Rusia di wilayah udara Eropa.

Menurut NATO, pesawat F-16 Norwegia yang mencegat delapan pesawat Rusia terbang di atas Laut Utara. Sementara beberapa pesawat kembali menuju Rusia, dua Tu-95 pembom Rusia melanjutkan penerbangan mereka, dan telah diidentifikasi dan dicegat oleh F-16 dari Portugal.

AU Inggris juga bergegas dalam menanggapi dua pesawat Rusia ke arah barat di atas Samudera Atlantik.

NATO mengatakan dua pesawat Rusia kemudian melanjutkan jalur penerbangan kembali menuju Rusia namun kedua pesawat masih di udara.

April: Jet tempur Belanda mencegat 2 pembom Rusia di wilayah udara mereka.

Seorang pejabat NATO mengatakan kepada pers, NATO percaya penerbangan baru-baru ini adalah awal yang mungkin untuk latihan pesawat tanpa pemberitahuan Rusia.

Tapi para pejabat telah mencatat pola konstan penerbangan militer Rusia di seluruh wilayah udara NATO selama beberapa minggu terakhir. jika diamati ada sedikit perilaku provokatif -seperti melakukan manuver rollovers dan buzzing- oleh pilot Rusia di saat pertemuan mereka dengan pesawat NATO.

Insiden terbaru ini juga datang pada saat panggilan internasional kepada pesawat Rusia atas tindakan mereka di luar perbatasan.

Jet Tempur F-22 AS mencegat Bomber Rusia yang terbang 50 miles dari California (theaviationist.com)

Jet Tempur F-22 AS mencegat Bomber Rusia yang terbang 50 miles dari California (theaviationist.com)

September: Pesawat Rusia dicegat dekat AS, wilayah udara Kanada.

Dukungan Rusia terus untuk pemberontak separatis di timur Ukraina, bersamaan dengan rencana mengakui pemilu kontroversial oleh pemberontak pada bulan depan, tampak sebagai upaya Rusia untuk melawan sanksi dari Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Oktober: Kapal selam yang diduga milik Russia muncul di Swedia.

Sehari sebelum kapal selam muncul, operator intelijen Swedia menemukan percakapan radio di Rusia pada frekuensi biasanya disediakan untuk keadaan darurat. Sinyal radio lain dicegat sehari setelah kapal selam muncul, tapi kali ini isimya dienkripsi. Namun, laporan ini mengatakan, intelijen Swedia mampu menentukan lokasi dari para penyusup. Salah satunya adalah di perairan Stockholm, sementara yang lain bisa dilacak ke Kaliningrad, pelabuhan yang merupakan rumah dari armada Rusia. Untuk mengatasi ini, Swedia mengerahkan 200 tentara yang dimobilisasi bersama dengan helikopter, kapal penyapu ranjau dan korvet anti-kapal selam yang dilengkapi dengan radar anti-stealth.

Dan dilaporkan sebuah jaringan komputer unclassified yang digunakan oleh Gedung Putih, telah di-hack dan diyakini hacker itu berasal dari Rusia, ujar dua pejabat AS yang melacak jejak hacker.

Belum jelas apa maksud Rssia dengan semua provokasi beruntun ini. Mungkin Russia hanya menguji kemampuan NATO atau ada maksud lain ?. Menurut wajagers kira-kira ada apa dengan Rusia ?.

by : Alto Daris, Biro Bogor.

Sumber: CNN, The Guardian, BBC.

  100 Responses to “Ada Apa dengan Rusia ?”

  1.  

    mengumpulkan data intelijen kekuatan bunker dn menganalisa radar lawan ,trus dicari antidotnya ..
    pertanyaan aku = apakah raptor 22,mpokidon ,ama 35 botak memasuki udara rusky ??

  2.  

    Russky strong

  3.  

    Sikat Ï?? eropah, Mr putin.. Kapan ajari presiden kami besar seperti anda

  4.  

    Pake peralatan jadul aja NATO kelabakan, apalagi pake yg baru.Harusnya judul artikelnya “Meneror sang teroris” . Russia…lanjutkan!

    •  

      hooh… padahal cuma pesawat kitiran. hanya untuk pengintaian aja…sudah kelabakan. belum kalau ntar didatangi yang sejenis TU160 blackjack si angsa putih…pembom strategis jarak jauh super sonik..saingan B1…tambah runyam bin kelabakan tuh NATO.

    •  

      itu cuma media blow up aja, supaya pengetatan anggaran militer mereka disudahi, kasihan industri militer mereka dah mulai ngemis ke asia, bangsa yg dulu di pandang inferior.

  5.  

    World war 3 coming soon…??? Hiiiy…..syerem…

  6.  

    @frans tapi kenapa amerika cs cuma embargo doang ga langsung gebuk rusia terkait crimea? padahal irak,libya,afganistan main gebuk aja,begitu juga terhadap suriah, iran ,korut kok ga berani ya? nah itu amerika beserta sekutunya aja ga berani melawan rusia yg sendiri bagaimana amrik punya nyali untuk head to head dgn rusia. apa hebatnya kemenangan atas negara negara lemah itu pun secara keroyokan.Rasanya didunia ini amrik & israel negara yg paling galau paling paranoid

    •  

      Yang Jelas Bro, Rusky punya barang yang paling di takuti yang dapat merubah hasil perang seperti TU 95 Bear yang dapat membopong dengan Rudal Nuklir, Si Lontong Typoon yang dapat membawa ICBM ke seluruh target strategis musuh … USA cuma ngandalin Kapal Induk yang sangat mudah dimatikan dari bawah air …. Belum lagi Su 35S dan Pakfa dan Mysterious Weapon lainnya yang masih Ghoib ….

      Bila terjadi Perang maka sangat mengerikan antara RUSIA dan USA serta NATO, membawa efek kehancuran masiff bagi dunia termasuk Indonesia … Ancur Bumi … Efek Nuklir di Udara dan Bom Biologis ….

      Horror banget Bro ..

      Terlepas Game yang dimainkan oleh Rusky dengan Patroli Kawasan TU-95 Bear aja membawa kengerian bagi Eropa, belum barang ghoib bawah permukaaan … yang belum bisa diidentifikasi …

  7.  

    mantap tuh rusia udah mulai tunjukan nyalix sebagai salah satu negara adi kuasa & sy cmn mau bilang moscow its the best

  8.  

    Penvalihan perhatian alias decoy saja.. ada yg lain dibalik kegiatan tersebut

  9.  

    mungkin rusia mau ngtes ksiapan eropa klo2 d serN sma rusia…kta.a rusia kira2 eropa bisa nglacak ane kgk ya..

  10.  

    dilanjutkannya penerbangan patroli jarak jauh rusia (seperti dilakukan uni soviet di masa perang dingin) resmi dimulai 2007, setelah dihentikan selama 15 tahun antara 1992 – 2007.

    salah satu alasan penghentian, rusia tidak sanggup membiayai bahan bakar.
    tapi sejak 2007, pundi2 uang moskow telah penuh sesak dengan uang minyak bumi…

    One of the reasons Russia halted its flights 15 years ago was that it could no longer afford the fuel.
    Today Moscow’s coffers are stuffed full of oil money, says the BBC’s Rupert Wingfield-Hayes in Moscow, and the Kremlin is determined to show it is still a military power to reckon with.

    putin berkata ‘tahun 1992 secara sepihak rusia menghentikan penerbangan pesawat strategis ke wilayah2 patroli jauh, sayang contoh yang diberikan rusia tidak diikuti negara2 lain’, yang sepertinya ditujukan ke amrik,

    “In 1992, Russia unilaterally ended flights by its strategic aircraft to distant military patrol areas. Unfortunately, our example was not followed by everyone,” Mr Putin said, in an apparent reference to the US.

    http://news.bbc.co.uk/2/hi/europe/6950986.stm

    •  

      lhah bukannya rusia adalah penghasil minyak bumi paling besar….selain saudi. kalau ndak salah kemampuannya bisa sampai 10 juta barrel perday kalau digenjot secara maksimum. kalau sekarang sih cuma 5 juta barrel perday. hal ini setara dg kemampuan arab saudi.

      itu yang pernah saya baca pada tahun2 yang lalu.

      masak hanya mensuplay pesawat2nya sendiri harus pkai kaya duluan…..
      susah untuk di nalar kang.

      •  

        logika pemerintah emang bisa sangat susah untuk di nalar…

        bayangkan seorang lulusan sma membakar rp 100 juta hasil tabungan kedua ortu yang hidup sederhana, dana langka (setidaknya bagi kedua ortu) yang dimaksudkan untuk biaya kuliahnya…

        orang pasti bilang stress, sarap dsb

        bakar rp 350 T sebagai subsidi asap knalpot sama aja (istilah saya kram otak)

        balik ke uni soviet, walaupun kaya sda tapi salah urus negara telah demikian parah, sehingga gorbachev selaku penguasa terakhir uni soviet melancarkan kebijakan reformasi yang dinamai glasnost dan perestroika,

        By the time of the 1985 rise to power of Mikhail Gorbachev, the Soviet Union’s last leader, the country was in a situation of severe stagnation, with deep economic and political problems which sorely needed to be addressed and overcome. Recognizing this, Gorbachev introduced a two-tiered policy of reform. On one level, he initiated a policy of glasnost, or freedom of speech. On the other level, he began a program of economic reform known as perestroika, or rebuilding. What Gorbachev did not realize was that by giving people complete freedom of expression, he was unwittingly unleashing emotions and political feelings that had been pent up for decades, and which proved to be extremely powerful when brought out into the open. Moreover, his policy of economic reform did not have the immediate results he had hoped for and had publicly predicted.

        http://www.coldwar.org/articles/90s/fall_of_the_soviet_union.asp

  11.  

    seperti lagi uji coba sistem baru…imho

  12.  

    NATO ngga usah lebaayyy….itu pesawat Rusia ngga bawa senjata, mereka juga masih di wilayah perairan Int’l, bukan masuk wilayah Inggris……bagaimana dgn F/A-18 Hornet AS yg terbang seenaknya di atas perairan P. Bawean, Jatim, Juli 2003 & mengganggu lintas penerbangan pesawat komersial sipil, ketika dicegat F-16 TNI AU malah F-16 TNI AU yg diusir, mereka bilang ; ” ini perairan Int’l dst….” & 2 pespur F-16 TNI AU “dilock”…..

  13.  

    Halo Frans ?

  14.  

    Jangan Heran Bro …
    Papa Bear sudah bangun dari hibernasi di Siberia, Jadi matanya udah melek dengan lingkungan sekitar … Pada awalnya menerapkan Mode Defense Strike, namun karena pengaruh lingkungan yang memanas ( Climatic Change ) sehingga perlu turun tangan menjadi Offensive sebagai penyeimbang kekuatan …

    Uncle Sam dan Sekutunya seenaknya sendiri buat aturan, Awas dengan Papa Bear sudah bangkit dari tidur musim dinginnya ….

    Baru dikirim Tu-95 Bear (No weapon Unit) sudah gemetar apalagi Pakpa yang berpatroli dengan Full Armament dan Irbis yahudnya …. Indonesia Harus Punya TU 95 Bear dan Kasel Typoon sebagai Penggentar kawasan Asia …

  15.  

    Test…,test…, test…, Cek…,cek..,cek.., Rusia Baru ngetes nyali kalee…!!! Nato jadi panik Kalee…!!! Satu Negara Rusia dikerubutin negara aliansi, Berarti Rusia ….?

 Leave a Reply