Dec 152014
 

Ilustrasi

 

JAKARTA – Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Fuad Basya, menegaskan ada pihak yang tidak menyukai semakin kuatnya alat utama sistem persenjataan (Alutsista) militer Indonesia.

Faktanya, ketika TNI memiliki peluncur roket jarak jauh, ada yang menuding pengadaan persenjataan ini bermasalah. “Saya rasa ini adalah pihak yang tidak suka dengan semakin kuatnya kami,” ujar Fuad, saat dihubungi, Minggu (14/12/2014).

Menurutnya, multiple launch rocket system (MLRS) dari Avibras Industria Aerospacial asal Brasil untuk TNI Angkatan Darat ini mampu meluncurkan roket dengan jarak yang sangat jauh. Roket yang diluncurkan alat ini mampu menghancurkan area hingga dua hektar.

Alutsista ini ditempatkan di pusat pendidikan artileri medan (Armed) TNI AD. Artileri ini merupakan buatan Avibras Aerospacial Brazil. Hanya dalam 16 detik, roket lancur diluncurkan alat ini. Fuad menyatakan, alutsista ini akan mampu memaksimalkan kekuatan TNI.

“Peluncur roket dan sejumlah persenjataan yang kita miliki sekarang sudah mampu memenuhi minimal essential force (MEF). Pada 2014 ini saja sudah 50 persen MEF terpenuhi. 2019 nanti MEF harus terpenuhi 100 persen,” tegasnya.

Spesifikasi MLRS, dinilainya semakin membuat TNI tangguh dan disegani banyak pihak. Sayangnya, ada saja pihak yang tidak menyukai perkembangan ini. Pihak tersebut, menurut Fuad, bermanuver dengan membuat propaganda untuk membuat citra negatif terkait pertahanan Indonesia.

Dia menambahkan, internal TNI selalu waspada dan sigap dalam melaksanakan tugasnya. Pengadaan MLRS ini sudah dilakukan dengan baik dan transparan, sehingga tidak perlu dipermasalahkan. (okezone)

Bagikan :
 Posted by on December 15, 2014

  70 Responses to “Ada Pihak Tak Suka TNI Semakin Tangguh”

  1.  

    uno

    •  

      Bahasane semrawut

    •  

      Kalo emang ada yang gak suka itu kan urusannya BIN dan intelijen. Tugas Panglima tuh cukup menjelaskan pembelian alutsista, jangan baru dituduh langsung ngeles…

      Hari gene bukan jamannya lagi pake alasan ghoib untuk menutupi anggaran bermasalah. KPK bisa dilibatkan, jika menyangkut UU kerahasiaan ya petugas KPK nya kan bisa diikat juga dengan UU kerahasiaan informasi….gitu aja kok repot..

    •  

      mengkritik khan bukan berarti benci tho….!? dikit2 dituduh antek asing, lah kalo anggaran bener khan yang enak para prajurit juga, uang lauk pauk dan tunjangan bisa manusiawi. meninggalkan keluarga ke medan laga jadi berkurang bebannya, lah sudah jadi rahasia umum jatah para prajurit di kentit…sana coba tanya bang iwan fals. apalagi anggaran alutsista, jumlahnya milyaran dollar, siapa yang menjamin tidak ada mark-up atau penyelewengan. gampangnya gini…kalau bersih kenapa harus risih. gitu aja kok repot

      •  

        Saya cuma mau urun rembug. Dijaman terbuka begini, orang dengan mudah membuktikan ada tidaknya mark-up. Tanya negara lain yang membeli senjata ini dari Brazil, berapa harga mereka beli. Lihat saja kontraknya. Kalau kemahalan, KPK tinggal aksi. Simpel kan?
        Kalau membandingkan roket ini dengan roket buatan Turki, memang roket ini lebih mahal. Sama kalau kita bandingkan mangga Manalagi yang manis dengan mangga Golek yang kecuuuuut. Kalau kita diberi uang 100 ribu, pilih 12 mangga Manalagi yang manis atau 15 mangga Golek yang kecuut? Sok geura pilih nu mana?
        Mungkin akan lebih baik tanya ke wartawan Majalah Tempo, darimana dia dapat surat Irjen Kemhan, trus tanya apa motivasi dan kepentingan orang itu meberikan surat Irjen tersebut, terus suruh dia memuat surat Irjen di majalahnya, kan lebih asiik, ketahuan siapa yang benar siapa yang salah. Yang salah, tinggal ditangani secara hukum, beres kan?

  2.  

    Haaa hhaaa

    test dulu

  3.  

    Hajaaar pa kutu kutu busuk ,, !

  4.  

    Assalamualaikum. bung jalo dan bung diego
    sy SR mulai dari kostrad dan marinir di tempatkan d perbatasan malaysia. numpang lewat (tabeq walar juluq) klo mau liburan / jalan2 ke gili air bilang yaa,,

  5.  

    mungkin

  6.  

    paling LSM ato mungkin agen china (mbah bowo)
    peace brader semua yg ada di jkgr
    jarang lihat mas melektect

  7.  

    Siapa yang gak suka? Dari luar atau dari dalam? Kalo luar sih wajar2 aja, karena negara lain cenderung tidak suka bila tetangganya kuat (apalagi kalau berpotensi jadi musuh)…… Kalo dari dalam sih termasuk tidak wajar, semua orang pasti ingin negaranya kuat, kalo ada orang yang tidak ingin negaranya kuat berarti ada yang aneh dengan orang ini…… Cuma emang ada orang yang memprioritaskan kuat dalam ekonomi atau militer….. Kalo bisa sih dua2nya

  8.  

    yang tak suka biasanya kanan kiri negara kita.apalagi paman Sam……!!!!!

    mereka belum puas juga menggerogoti tambang kita.

  9.  

    tidak mengenal baik dan tidak, judulnya kepentingan

  10.  

    sangat jelas dari banyaknya komentar yg selama ini banyak yg menyudutkan tni

  11.  

    TNI semakin tangguh maka jaminan keamanan akan semakin kuat sehingga perekonomian akan stabil dan kondisi negara akan aman, maka banyak pihak yg gak suka kalo TNI semakin tangguh krn mereka takut NKRI akan menjadi berkembang maju

  12.  

    LSM itu sumber dananya dari mana saja …… ditelusuri saja sampai ke ujungnya dan itulah pihak-pihak yang punya kepentingan dengan Indonesia

    •  

      Lsm mah sukanya ngobok2 suruh transparan, terbukalah tetek mbengeklah.
      Tp giliran lsmnya sendiri suruh terbuka dananya dri mana..
      ngelesnya nyampe mbulet kgk jelas.
      lsm.. lsm.. senjatanya pake kedok ham.. prikemanusiaanlah. Tp sasaranya gag tepat kesanya di paksain… hemmm…

  13.  

    mang pemerintah harus tegas …jangan kasih ijin lsm2 yang didanai asing yang tujuannya cuma bikin kisruh.. bisanya asal ngomong..krna semakin banyak mereka ngoceh semakin banyak pula duit ngalir …

  14.  

    KPK kah yg dimaksud?

  15.  

    Alusista-indonesia.blogspot.com “ROKET RX-750 MASA DEPAN ROKET PERTAHANAN(RHAN)” mohon diangkat untuk bahan diskusi…

  16.  

    Siapa tu pak.. mulutnya mo disumpel ama Roket MLRS ..

  17.  

    musuh mungkin tidak bakalan menyerang kita secara fisik, tetapi yang harus kita waspadai adalah cara cara adu domba yang membuat kita terpecah belah… contoh nya seperti lsm bekedok ham dsb..

    btw mef udah 50% apa aja yang dibeli…

  18.  

    jelaskan dong pak,menduga-duga jg nggak baik loh..klo pihal luar yg nggak seneng wajar dong,nggak perlu pake di publikasi lah,sama seperti kita jg nggak berharap militer tetangga kuat kan.
    Klo org dalam ya harus disebut siapa orgnya atau kelompoknya,biar bs dikasi teguran/peringatan

  19.  

    Ada kontrak baru hibah dr ngo luar ke ngo lokal…dulu pernah garap tim2 aceh dan dewan adat papua.. karena salah satu kepentingan mereka terganggu..biasanya hibah kisaran $5000 – $10000untuk beberapa laporan kegiatan….ngo lokal…kasus paniai salah satunya ..lg goreng nih mereka

  20.  

    Lsm – lsm yg di danai asing bubarkan aje , sama aje miara benalu…telusurin semua aliran dana LSM..klo terindikasi dg asing bubarkan, begitu juga dg orang/individu yg ngomong telusurin aje track record orang tsb..ga usah bertele-tele..zaman nye keterbukaan beberin nama orang tsb di media, tanya buktinye ada ga dg omonganye tsb..gitu aje ko repot..biar ga timbul jadi fitnah..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  21.  

    ah, ada2 saja,,justru banyak rakyat yg maunya TNI lebih kuat dari yg sudah ada,,jka yg dimaksud adalah kpk yg mau mengaudit TNI dalam pembelian roket mlrs dari avibras, tinggal dikasih masuk saja, kenapa mesti ketakutan ?

  22.  

    makanya, seyogya TNI mulai menancangnya program, rencana, n strategi guna Menasionalisasi Singapura. Cause, sejak jaman dahulu kala, negeri pion ini adalah tmpt berkumpulnya para snakers yg terbukti menjadi duri dalam daging dalam perjalanan hidup NKRI menuju cita cita nasional.

  23.  

    sodara,,penguatan alutsista tni suatu keharusan dgn senjata yg mematikan.sbg daya getar.
    Tapi semua bisa tdk ad guna nya jika yg d hadapi sodara sndiri(perang saudara), negara tdk mungkin tega menggunakan sukoi,mlrs astros,yakhon jika yg d hadapi rakyat walaupun yg makar skalipun,
    Intinya pemerataan ekonomi&pertahanan harus seimbang.jaga persatuan nkri.

  24.  

    Bisa jadi ini dr dalam.kalo dr luar mungkin gak ada komentar kaya gini.

  25.  

    kalo emang bersih, ladeni aja lah pak.

  26.  

    Bung Jalo, saya baca dari blog tetangga bahwa LAPAN mengembangkan roket RX 750 dengan daya jangkau 4 digit,,,kira2 benar ga bung informasi tersebut,,mohon pencerahannya bung

  27.  

    sodara cilider,,,negara luar gk bakal brani serang kita secara langsung krn org kita punya jiwa militan,hobi perang beda RT aj perang.ini yg d manfaatkan amerika nyebar CIA menyusup d smua lapisan masarakat,
    Mungkin bisa d hidupkan lagi pertahanan sipil sampai tingkat RT,sperti jaman suharto.kita lebih tangguh

  28.  

    bowo kok ga muncul” nie 🙂
    tumben bacotnya ga koar koar 🙂 :sup:

  29.  

    Paling juga Malaysia, Singapura, Australia…

    IMHO

  30.  

    para sesepuh…

    ada yg punya daftar lsm asing ga? yg beroprasi di Indonesia

    sebagai tambahan pengetahuan

    terima kasih

  31.  

    Mereka ga suka pak kalau ASTROS..kalau S 400 mrk SUKA pak..:)

  32.  

    memang klo membeli atw membuat alutsista itu seperti buah simalakama, apa maksud nya… ??? klo terlalu vulgar atw transparan apalagi menjadi santapan publik.. otomatis musuh2 dri luar dpat mengukur kemampuan kita sehingga mereka dpat mengantisipasi serta dngan mudah melumpuhkan kekuatan TNI …klo tertutup dan rahasia maka musuh dari luarpun tidak dpat menerka dan hanya mengira2 kekuatan seperti apa yg TNI punya dan ini menjadi sulit untuk dpat mengalah kan TNI.. TAPI.. ini akan menjadi sasaran empuk bagi ” LSM-LSM ” untuk mengucilkan dan memojokkan TNI yg seolah2 ada korupsi didalam pengadaan alutsista.. seperti kita tahu panglima tni sudah melibatkan BPK dan KPK untuk ikut mengaudit dlam pengadaan Alutsista.. dan hasil audit tersebutpun memang bukan untuk konsumsi umum.. hanya mereka yg tau.. tpi lsm tersebut tidak menyerah smpai disitu.. mereka akan cari jlan agar bisa mengetahui.. apa kapan dimana dan berapa alutsista tersebut.. ini lah yg patut kita curigai.. dri mana dana lsm tersebut, siapa dibelakang lsm tersebut.. karena smpai kapanpun musuh INDONESIA tak kan rela klo TNI kuat dan besar…..

  33.  

    caranya gmn bisa tau LSM asing

  34.  

    Benar banyak pihak gak suka tni kuat apalagi tuh di grup forum militer di situ isinya orang2 gak suka tni kuat

  35.  

    intinya : asing tidak suka indonesia dekat dengan rusia dan tidak ingin indonesia lebih kuat dari negara tetangga yg notabennya sekutu amerika, mungkin trauma saat bung karno harmonis dgn rusia, saat itu gimana dahsyatnya kekuatan indonesia atas dukungan teknologi rusia….titik

  36.  

    saya ndak suka kalo tni jadi tukang becking, pemalak, preman berseragam , pemeras

  37.  

    Surat al alaQ (beragama islam) ‘bacalah’. dan pahami secara detil,arti&maknanya.(bimbingan utk kta), melihat,mendengar,merasakan,menganalisa,&memahami.(satukan jiwa,pikiran,hati) olah emosi,&fokus.gabungkan bagian2 nya, mungkin ini rumus sedehana (melihat,mengetahui) siapa???,mengapa???dimana???…..maksud…..selamat mencoba jadi bingung.com imho…salam. piess! ! :salahkamar :salahkamar sorry…

  38.  

    Komnas HAM mulai berkoar2..Papua bisa jadi isu yang melemahkan kekuatan TNI…pembantu di siksa di Sumatera, mereka anteng2 aja…di Papua ada rame dikit..teriaknya kaya pake toa,,,

    •  

      Sebab kadar minyaknya setara dgn gas& bensin pertamax(percikan dikit aja langs kebakar,cba kalo setara solar lama baru kebakar (ampe panas dulu bru ter bakar).kebakaran gas/bensin pertamax tak bisa dipadamkan ama air lho?,(ini nyang susah) hrs dgn cara lain. paham ndiri lah. Salam bung.

  39.  

    Terserah deh :cool , saya sih cuma pengen Indo kluar dari traktat anti nuklir hehe :cool

  40.  

    TNI kuat bukan untuk perang.harap jangan macam2.

  41.  

    Menurut saya pro dan kontra mengenai pengadaan alutsista wajar-wajar saja, wong namanya manusia diamanapun dan kapanpun selama belum kiamat pro dan kontra pastilah terjadi dalam sesuatu hal. Intinya bagaimana TNI menyikapinya dengan “kepala dingin,smart dan mengambil hati rakyat” guna mendukung TNI kedepannya menjadi kuat karena sesuai dengan semboyan “Bersama Rakyat TNI Kuat”#CMIW

    NB : Bravo sebentar lagi TNI punya PSU jarak menengah, yang menurut ane s300 rasa brazilian ( TM AV-300-km ) :2thumbup

  42.  

    Piye penak jamanku??
    Jamanku mbiyen nek angel-angel tur gawe aku mumet tak kirimi petrus..rampung urusane..

    :shutup:

    •  

      Saya juga pengin bung PKB,jaman yg penak ora berubah. Tpi roda waktu selalu berputar.(ibarat usia saya pengen terus umur 18 th. enak pacaran,jalan,berpesta pora,balapan motor dll) menikmati masa remaja. tpi skng umur udah nambah pikiran udah berubah,skng saya nikmati saja bung,(karna semua perubahan adalah proses,senang,susah,senang,susah, bila bsa senang,senang,senang,terus!,apa biasa ya?..)he.he.he..salam bung piess! :sungkem :thanks2 :shakehand2

  43.  

    Suatu tugas negara/perangkatnya (sedang,akan,dan terus) mengawasi/menganalisa/mengeleminir orang2/organisasi(dlm/luar)yg berpotensi(melemahkan,mengacaukan,mengkerdilkan,membonsai dll)akan keutuhan berbangsa dan bernegara.bila ini gagal ya tau ndiri lah(udah bnyk contohnya).kita akan lngsng merasakan akibatnya.
    ibarat penyakit kangker (tdk kelihatan di mata) klo dibiarkan akan berakibat fatal.
    lalu solusinya?.?..
    di cegah tdk mangkin kronis/di obati biar sembuh…?

  44.  

    Mengulang sejarah kelabu krisis 1997 berawal dari isu politik berbuntut kepada rush di BCA dengan alasan ATM tidak online di ibukota. berkat isu rush BCA meletuplah kepanikan ekoomi rupiah terpuruk pelan tapi pasti dalam tempo seminggu rupiah vs dolar sudah selisih rp 1500. Yang akhirnya bener bener membuat kacau adalah kerusuhan 98 ditambah larinya pihak asing dengan alasan rush, pasar modal tumbang walau dulun IHSG hanya disekitar 500 rontok separuhnya. Ekonomi hanncur, semua anggaran pertahanan bisa dikatakan dibatalkan.
    Melihat situasi ekonomi negara seminggu belakangan ini mirip kejadian 1997, berawal dari BCA yang beberapa hari ini sempat mengalami gangguan di tabungan nasabah yg tidak bisa transfer dan dana disaldo tabungan terkuras. dan yang terjadi setelah itu rupiah mulai bergerak liar dari 12200 menjadi 12700 dalam 2 hari dan ini apa sebuah tanda krisis kembali melanda RI?
    Jika skenario 1997 terulang lg saat ini bisa dipastikan semua recana MEF tahap II akan diskedul ulang, dan buntutnya MEF hanya sebuah wacana.
    Siklus saat ini bisa dikatakan sangat mirip dengan aktor utama bank milik org terkaya omor 1 RI dan juga Djarum yaitu BCA (Biro Crisis Asia) klo ini terjadi lg, berapa byk pengangguran yang akan tumbuh.
    Dolar 12700 IHSG terjun 5108 seandainya bener tentang teori presiden RI ” setiap awal kepemimpinan presiden terpilih di RI maka rupiah wajib melemah 30% dalam jangka 1-2 tahun setelah itu meguat dan pada masa akhir kepemimpinannya dipastikan rupiah kembali keposisi saat dia mulai memimpin” apakah teori ini berlaku lagi?
    Dalam waktu seminggu jika rupiah bertahan di 12500 dan cadangan devisa tetap $111m maka dipastikan aman tp bila rupiah tetap melemah dan cadangan devisa berkurang serta IHSG jebluk dipastikan asing sudah kenyang dengan profit di RI. Siap2 meluncur krisis lg, jd utk warjag dimohon jangan kecewa dengan cancel atau dinego ulang karena ketiadaan dana.
    Sebelum semua terlambat kita berdoa bersama untuk tidak terjadi krisis tahap II

    •  

      Krisis 1997 saya kira terjadi akibat ketidak puasan seluruh lapisan masyarakat yg berkepanjangan( bnyk hal yg mendasarinya) kalo ibarat pohon yg tumbuh makin besar tapi lupa akan memanjangkan akarnya.meremehkan rumput benalu yg hinggap di dahannya (mengakibatkan penyakit/pembusukan pda pohon itu sendiri) tentu jdi tak heran bila pohon itu nanti (tumbang).ini jga sama halnya sebuah rumah yg peng huninya tak peduli dlm merawat merenofasi(bla ada kerusakan).semisal membiarkan atap pda bocor,tiang2nya lapuk,pagar&halaman tak terurus/dibersihkan setiap saat.sudah di pastikan penyakit(sampah)dan rumah ambruk(lapuk).
      apa skrng sama sprti dulu?.?..
      saya yakin tdk,sbb pengalaman adalah pelajaran paling berharga utk di ambil bikmah nya..imho…salam bung.

    •  

      …IHSG jebluk dipastikan asing sudah kenyang dengan profit di RI…

      terbalik, IHSG jeblok karena asing kabur, mereka kabur karena kurs rp/$ anjlok.

      kenapa mereka rugi klo kurs rp/$ anjlok ?

      mereka beli saham IHSG dalam rp, (artinya menukarkan dulu $/euro mereka ke rp) jika kurs rp nyungsep, mereka terjebak dalam rp, mau balik ke mata uang sendiri, nilainya udah naik…

      “mereka kenyang dengan profit di RI” jika rp menguat thd $, sehingga untung 2x, untung selisih kurs + apresiasi harga saham yang dimiliki…

      •  

        RP jebol asing gak rugi…malah untung lagi, mereka bisa beli saham berlipat ganda dengan jumlah dollar yang sama. Gampangnya…setelah ngisep darah di IHSG (spekulan saham)..isep darah RI lagi di forex…contoh jaman 1998 adalah si george soros. Dari cuman ngisep forex(cadangan devisa RI) …dia dapet modal buat inves lagi dlam bentuk holding company…waktu itu namanya bhakti investama, perush ini beli saham perush2 RI yg kolaps dengan harga murah.

      •  

        wess mbooh lah, bener juga -emang kebolak balik pemahamannya

        pencitraan gimana – baru sebulan udah naikin bbm dan berani dimaki2 publik…
        (pencitraan itu jelas yang mengorbankan pembangunan demi nombokin subsidi bbm – wis mbuh lah)

        😀

        •  

          Sebetulnya saya berharap ‘Beliau’ menaikkan harga bbm 4-5 bulan pasca dilantik. Untuk menguji kemampuan kabinet kerja dalam mengkontrol melambungnya harga2 terutama sembako. Jika mampu berarti mereka lebih baik dari pemerintahan sebelumnya tapi jika tidak berarti sama saja masih kalah oleh para spekulan..

    •  

      Trims bung infonya. salam.

  45.  

    bknx pak moeldoko dah bilang sdh ada bagian intern yg menangani masalah2 d tubuh tni terus ngapain d pusingi klo pun ada itu lsm-lsm yg sok jago yg d bayar asing sdh lama memang sy curigai dalang masalah negeri ini y lsm-lsm ini contoh yg paling keras yaitu pergerakan reformasi yg d gerakkan mahasiswa itu lsm yg danax dari asu maupun ause makax batasi & hapus sj krn era reformasi telah gagal…nkri harga mati

    •  

      Kalo lsm2 yg di danai asing munkin kta sepedapat bung red dragon. Tpi saya sering melihat bnyk juga lsm2 daerah tebentuk kena masyarakat daerah itu sendiri membutuhkannya (pendidikan,kesehatan,infratruktur,keagamaan dll)
      juga sebagai pengontrol penguasa daerah agar tdk kebablasan/arogan( aku rasa ada manfaatnya.) memang terkadang kita melihat lsm ini seperti pedang bermata dua.di satu sisi ke arah sendiri di sisi laen kearah depan.tergantung kita menyikapinya. Tpi kalo lsm di bentuk karena(pesanan) ini tentu akan lain artinya.krna tujuanlsm (pemesan)….?!?…(dana lah yg bermain)…

  46.  

    Siapa pun yang tidak suka TNI KUAT di dalam maupun di luar negeri, sikat saja sampai habis, jangan ada kompromi !!!

  47.  

    Sesepuh – sesepuh pada kemana ya…

    Sepi sekarang gak ada mereka….Apa lagi JKGR sekarang kayak nya sudah masuk dalam ranah Resmiyah… Kurang Greget… jadi gak ada bedanya dengan Forum2 yg lain….

    Rindu artikel – artikel dari sesepuh….

  48.  

    gampang gimeno???? kalau mau model munir gampang tapi siap di obok-obok g? siap di sebut pelanggar ham g? ini kan amunisi mereka

 Leave a Reply