Aug 152016
 

Admiral Kuznetsov adalah satu-satunya kapal induk yang memperkuat Angkatan Laut Rusia. Admiral Kuznetsov juga sudah cukup tua, lebih dari 25 tahun sudah melayani armada laut Rusia.

Diperkuat pesawat tempur maritim Su-33 dan MiG-29K sebagai sayap udaranya. Admiral Kuznetsov saat ini sedang berlayar mendukung operasi serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah.

Sebenarnya ada beberapa hal unik dari kapal induk Rusia, dan inilah fakta-fakta unik dari Admiral Kuznetsov yang jarang diketahui

1. Paling Unik

Admiral Kuznetsov adalah kombinasi dari kapal penjelajah dan kapal induk – atau bisa dikatakan sebuah kapal induk dengan persenjataan rudal yang kuat. Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki kapal induk bersenjata berat. Kapal induk dari negara-negara lain seperti AS pada dasarnya hanya sebuah pangkalan pesawat tempur terapung.

2. Terbesar Bagi Rusia

Admiral Kuznetsov adalah kapal perang terbesar yang pernah dibangun di era Uni Soviet atau Rusia, dengan berat hampir 62.000 ton.

3. Kapal Perang Dengan Banyak Nama

Admiral Kuznetsov memegang rekor sebagai kapal perang yang paling banyak berganti nama dalam sejarah Angkatan Laut Rusia. Awalnya diluncurkan dengan bernama Riga, kemudian Leonid Brezhnev, kemudian Tbilisi, sebelum akhirnya dinamai Admiral Nikolai Kuznetsov.

4. Ski Jump Bukan Catapult

Laksamana Kuznetsov bisa saja menggunakan sistem peluncuran ketapel, tapi karena alasan ekonomis militer Uni Soviet memilih dek penerbangan dan pendaratan dengan ski-jump.

5. Pesawat Tempur Pengawal Berlatih di Darat

Di era Uni Soviet, pusat pelatihan penerbangan khusus untuk pesawat tempur di Admiral Kuznetsov dibangun di darat, dengan meniru desain sky-jump sebuah kapal induk. Pusat pelatihan dibangun di Krimea. Pusat pelatihan ini kemudian menjadi milik Ukraina, tapi setelah peristiwa konflik di Krimea pada tahun 2014, Rusia kemudian mengambil alih kendali dari Ukraina.

6. Mampu beroperasi mandiri

Admiral Kuznetsov bersenjata sangat lengkap, bahkan mampu beroperasi mandiri tanpa kapal perang pengawal, tidak seperti kapal induk Amerika Serikat. Admiral Kuznetsov dilengkapi 12 rudal jelajah anti kapal Granit, enam canon otomatis AK-630, dua peluncur roket Udav dengan 60 bom kedalaman anti kapal selam, sistem rudal pertahanan udara Kinzhal dan sistem CIWS rudal Kortik, persenjataan yang mampu mencegah musuh mendekat dari udara, permukaan maupun bawah laut.

7. Kapal Induk ‘Curian’

Setelah runtuhnya Uni Soviet, Admiral Kuznetsov diklaim oleh Ukraina. Pada tahun 1991, kapal induk kemudian berlayar ke Armada Utara menjalani uji pelayaran dengan Armada Laut Hitam di Feodosia, meninggalkan wilayah Ukraina.
Wakil Laksamana Armada Utara Rusia terbang ke Ukraina, kemudian memberi perintah untuk menaikkan jangkar dan segera mengarahkan kapal induk ke Severodvinsk. Dengan mematikan lampu navigasi, kapal meninggalkan pelabuhan dan menghabiskan waktu lebih dari tiga minggu berlayar ke basis permanennya di Rusia tanpa pesawat tempur diatasnya dan hanya dioperasikan oleh sepertiga awak kapalnya yang libur pada saat itu.
Setelah ‘menyelamatkan’ kapal induk, wakil Laksamana Rusia memuji dan membenarkan tindakan para awak Admiral Kuznetsov yang melarikan kapal induk dari Ukraina ke Rusia.

8. Selamat Secara Ajaib

Selama Admiral Kuznetsov tertambat di Ukraina, kapal induk bisa mengalami nasib yang berbeda dari sekarang . Kapal sejenis dari project 1143, Cruiser Kiev sekarang menjadi museum dan hotel di Cina, sedangkan Ulyanovsk dibongkar menjadi beberapa bagian. Novorossiysk dan Minsk dijual ke Korea Selatan dan China dijadikan museum. Ukraina juga menjual Varyag ke China yang akhirnya mengubahnya menjadi kapal induk Liaoning.

9. Tak Mungkin Tergantikan

Pada tahun 2015, Program persenjataan Rusia sampai tahun 2020 tidak merencanakan pembangunan kapal induk lagi, sehingga Laksamana Kuznetsov akan tetap menjadi kapal induk Rusia satu-satunya untuk waktu yang lama.

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

  38 Responses to “Admiral Kuznetsov, Kapal Induk Paling Unik di Dunia”

  1. borooong…duite sopo?

    • bikin sendiri yg bginian minimal 4biji dah bagus tuk melindungi wilayah lautan kita yg sangat luas

      • Baiklah nanti akan saya buatkan kapalinduk yang tercanggih. Nanti kita namai KRI Gajah Mada.

        • kurang tepat bila dinamai Gajah Mada bung, lebih tepat dinamai KRI Nala 001-099 dan KRI Adityawarman 001-099

          atau Armada tempur Laksamana mpu Nala terdiri dari…
          dan Armada tempur Laksamana Adityawarman terdiri dari….

          demikian kura kura… nusantara milik kita

        • indonesia tak butuh kapal induk, karna kita toh gak kemana2 kita hanya mempertahankan kedaulatan saja, lebih baik pulau2 tak berpenghuni yang dijadikan basis

  2. Sangat tidak terawat …catnya kusam ..tidak memperlihatkan aura kapal induk, mungkin keterbatasan dana.

  3. Nkri hrs bikin kapal induk 20 unit..

  4. Tp msh lbh hebat dan lbh lengkap dr kapal induk as

  5. punya kapal induk jg harus punya kemampuan menyerang.. klu untuk pertahanan cukup s 500..

  6. ane masih prefer kelas nimitz
    soalnya nimitz unggul disegala aspek

  7. kapal induk paling jadul, asap nya hitam,kecil dg teknologi kuno…dan yg paling penting ini kapal curian wkwkwkwkwk…

  8. jika harga 1 kapal induk sebanding dengan 50 – 100 fregat.. ya mending pilih yang banyak itu.. bisa disebar kemana-mana.. bisa bwt jaga disetiap sudut pulau diindonesia yg kelewat banyak itu..

  9. bakal di hibahkan ke adik termuda

  10. Kapal induk adalah sarana atau alat kolonialisme gaya baru, indonesia gak perlu itu, kita maksimal cukup frigat pembunuh kapal induk saja.

  11. indo gk perlu kapal induk. knp ???
    1. dana gk cukup untuk skrg
    2. pesawat yg mw diluncurkan dr kapal induk jg gk ada
    3. kita gk punya armada pendukung kpl induk
    4. dana untuk 1 kapal induk (contoh kelas nimitZ) bisa di pake membangun 5 destroyer arleigh burke lengkap dengan radar aegis dan full amunisi, atau 20 fregat, atau 50 corvete atau 3 kasel nuklir kelas ohio atau virginia
    atau 22 litoral combat ship
    atau 20 kasel type 211 jerman lengkap dgn AIP atau 30 pesawat patroli poseidon atau ratusan jet tempur.
    drpd kapal induk mending beli :
    8 fregat
    5 kasel 212 jerman
    5 pesawat poseidon
    15 corvette
    10 pkr
    24 su 35
    langsung deh jd poros maritim
    malon beruk pun langsung sujud menyembah mbah bowo…..
    salam nkri

  12. @ndon key sokong najib jadi king of rasuah sedunia negara kleptocracy paling hebat di jagat raya kahkahkahkah

  13. Karna negara q tercinta pemimpin mafia semua.. Koruptor sudah menjadi tradisi di elit pemerintah.. Koruptor buat negara ini tdk maju.. Sampek kapanpun negara kita tak akan bisa buat kapal induk selagi budaya korupsi masih ada.

  14. Indonesiaku ngk perlu2 amat kpal induk ckup membngun pulau2 terluar saja buat pangkalan dsn lengkap dengan pespur dan kri tambahan yg baru saya rasa sudah lbih dari cukup, karna sblum musuh msuk ke pusat2 kota di daratan nkri mereka pasti mlwati plou2 itu dan minimal klo mreka ngk klah sdah khabisan logistik dluan alias pulkam

  15. Masih akan dan direncanakan dibeli RI.

  16. RI tidak terlalu butuh kapal induk.
    RI butuh puluhan lontong selam,frigate,Destroyer

  17. Ni kapal apa pabrik kapur….asepnya sampe begitu?

    • kerja berat mesinnya karena banyak yg di panggul ((Su-33 dan MiG-29K,12 rudal jelajah anti kapal Granit, enam canon otomatis AK-630, dua peluncur roket Udav dengan 60 bom kedalaman anti kapal selam, sistem rudal pertahanan udara Kinzhal dan sistem CIWS rudal Kortik.))

      kita mungkin tidak butuh kapal induk, tp kita butuh banyak LANUD di tiga wilayah barat dan timur yg di bagi untuk semua tipe peju (pesawat pejuang aka fighter jet)su 27/30, su35,f-16,skyhawk,t-50i,tucino.

      untuk kapal yg kita butuhkan adalah kapal jenis Landing Platform Helicopter (LPH), Landing Helicopter Assault (LHA), and Landing Helicopter Dock untuk semua pesawat heli kita tipe assault entah itu apache & mi-35 atau heli anti submarine.

      • Bung kw, lanud sudah ada 51 bung itu untuk AU saja. Belum termasuk pangkalan udara untuk AL dan AD.

        Ada juga bandara sipil.

        Jumlah pangkalan udara militer dan bandara sipil di RI total 673 unit.

  18. Kapal yg sangat bagus..
    Tp sayang untuk waktu yg agak lama kita blm butuh yg kayak gini.

  19. asapnya itu

  20. injector + nozzle burner mulai kencing dan turun tekanan ituh, saatnya disetel ulang, makanya asapnya hitam…

  21. Jelas asapnya hitam mesin konven tapi disuruh kerja berat ngegotong 60 ribu ton. Yg kelas kirov cuma 25 ribu ton tapi mesin nuklir. Kebalik2 nih rusia

  22. Kasihan sekali russia ini, gara” soviet hancur, semua angkatan bersenjata turut hancur pula, khususnya AL-nya, dulu pernah dikatakan “near equal” dengan us navy, sekarang nyaingin cina aja kesannya udah susah, gara” perjanjian START, alutsista superberat russia mulai rontok, sebut saja Carrier nya tinggal 1, Kirov nya tinggal 1, Akula Class nya tinggal 1, kapal” lain pun udah mulai ketinggalan zamann, mudah” an proyek pak putin kedepan seperti gorshkov, leader, borei, amur, sthrom, t-50, pakda, dll bisa mengembalikan kredibilitas rusia dan blok timur, sehingga kalo usa mau ber hagemoni, kiranya berpikir 2 kali, dan arogansi seperti duo Bush ga terulang

  23. indo gk perlu kapal induk. knp ???
    1. dana gk cukup untuk skrg
    2. pesawat yg mw diluncurkan dr kapal induk jg gk ada
    3. kita gk punya armada pendukung kpl induk
    4. dana untuk 1 kapal induk (contoh kelas nimitZ) bisa di pake membangun 5 destroyer arleigh burke lengkap dengan radar aegis dan full amunisi, atau 20 fregat, atau 50 corvete atau 3 kasel nuklir kelas ohio atau virginia
    atau 22 litoral combat ship
    atau 20 kasel type 211 jerman lengkap dgn AIP atau 30 pesawat patroli poseidon atau ratusan jet tempur.
    drpd kapal induk mending beli :
    8 fregat
    5 kasel 212 jerman
    5 pesawat poseidon
    15 corvette
    10 pkr
    24 su 35
    langsung deh jd poros maritim
    malon beruk pun langsung sujud menyembah mbah bowo…..
    salam nkri

  24. Rusia punya alasan tersendiri mengapa kapal induk sepuh ini masih di operasikan tanya kenapa??????

  25. Kapal boleh tua,tp jeroanya luar biasa seleranya sama dengan adiknya suka oprekan

  26. Test

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)