Aero Vodochody Lanjutkan Produksi L-159 ALCA (1 Unit)

Produsen Pesawat Republik Ceko, Aero Vodochody akan kembali memproduksi L-159 Pesawat Tempur Ringan Canggih (ALCA) – setidaknya 1 unit pesawat berkursi ganda.

Dimaksudkan untuk memenuhi pesanan yang sedang berlangsung untuk Angkatan Udara Irak, pesawat L-159 akan menjadi model pertama yang diproduksi kembali sejak tahun 2003, ketika L-159 ALCA terakhir digulirkan dalam jalur produksi.

Sampai saat ini, keseluruhan penjualan pesawat L-159 dicapai melalui surplus unit Angkatan Udara Republik Ceko, dimana ada surplus 48 unit dari produksi awal. Selain Irak, Draken Internasional – kontraktor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan pesawat tempur untuk latihan dan pelatihan – juga memperoleh L-159.

Aero Vodochody berharap untuk memproduksi kembali sebuah pesawat tempur ringan sebagai sarana untuk membangkitkan kembali minat baru pada L-159 ALCA, yang mana perusahaan dan pemerintah Ceko berharap dapat didorong seperti penerusnya yang sangat populer yaitu Albatros L-39 yang telah diproduksi 2.900 unit.

Ada dua pasar utama di mana Aero Vodochody bisa memasarkan L-159, Pertama adalah pasar lead-in fighter-trainer (LIFT), dan kedua sebagai pesawat tempur entry-level. Namun, pasar ini banyak diisi dengan berbagai macam pilihan yang mampu.

Embraer telah mengukir pangsa pasar yang relatif signifikan melalui EMB-314 Super Tucano, pesawat serang bertenaga turboprop, yang di hari ini di Afrika, Amerika Latin, Asia Selatan dan bahkan Asia Tenggara.

Dalam hal solusi LIFT, pesawat L-159 terlihat menjanjikan untuk dapat mengalahkan T-50 buatan Korea Aerospace Industries (KAI) dan Leonardo M-346 Master dalam hal biaya.

Keputusan Aero Vodochody untuk mengerahkan L-159 ALCA daripada L-39 Albatros dan menggunakan komponen buatan sendiri mestinya membantu. Selain menyediakan pesawat baru sesuai kebutuhan pelanggan, Aero Vodochody juga bisa menawarkan L-159 surplus sebagai pengganti sementara jangka pendek untuk membantu sosialisasi dan pelatihan.

Lebih lanjut, Aero Vodochody dan pemerintah Ceko berusaha untuk mengakses dan membangun hubungan yang kuat di pasar negara berkembang (terutama Afrika dan Amerika Latin) juga bisa membantu memperkuat prospek jangka panjang L-159 ALCA ini.

Ini adalah pasar murah sensitif, tetapi hubungan politik yang kompleks dengan Barat dan juga vendor senjata terkemuka serta prospek ekonomi jangka panjang pasti membatasi kemampuan negara-negara berkembang ini untuk mengejar peralatan dari banyak pesaing Aero Vodochody. Argentina bisa menjadi contoh sebagai calon pelanggan tersebut.

Sharing

Tinggalkan Balasan