Jul 242017
 

Demonstran jet pelatih tempur generasi baru Aero L-39NG buatan Aero Vodochody. © Aero.cz

Perusahaan Aero Vodochody Aerospace, telah mengajukan prototipe dan pra-produksi massal dari jet pelatih modern dan platform serangan ringan, L-39NG, seperti dilansir di laman Defense World.

Perakitan empat unit pertama L-39NG telah dimulai dalam beberapa pekan terakhir, yang terdiri dari tiga unit prototipe dan sebuah model pra-produksi massal, ungkap perusahaan asal Ceko tersebut pada hari Kamis. (20/07/2017)

Satu akan digunakan untuk uji coba penerbangan dan dua lainnya akan berfungsi sebagai platform uji ketahanan berbasis darat dari tiga prototipe tersebut. Pesawat pra-produksi massal akan dikirim ke pelanggan, menurut perusahaan milik negara Ceko di Praha.

Sebuah demonstran L-39NG terbang perdana di bulan September 2015, menjelang tahap awal pengujian yang berlangsung di tahun berikutnya. Dengan diperkenalkannya tiga unit prototipe baru dan pesawat pra produksi massal, sertifikasi diharapkan pada tahun 2019 dengan pengiriman ke pelanggan dijadwalkan mulai tahun 2020.

Pertama kali diluncurkan pada saat Farnborough International Airshow tahun 2014, versi L-39NG dari Albatross L-39 itu dilengkapi mesin FJ44-4M buatan Williams International yang lebih bertenaga, sebuah wet wing, kokpit modern dan airframe yang lebih ringan dari pesawat pendahulunya.

L-39NG dilengkapi dengan lima cantelan, sementara pendahulunya L-39 hanya ada 2 saja untuk memasang rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan, serta amunisi mau pun sensor lainnya.

Pesawat baru ini juga memperkenalkan pilihan untuk pod senjata. Aero mencatat bahwa L-39NG menggunakan 50% suku cadang baru dan 50% komponen yang berasal dari L-39 yang ada.

Avionik terbaru pesawat terbang ini siap untuk melatih pilot pesawat tempur generasi ke 4 dan ke 5 yang akan datang serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Pesawat ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi simulasi, termasuk integrasi ke dalam pusat simulasi taktis berteknologi tinggi dengan tujuan meningkatkan efisiensi pelatihan.

Bagikan:

  2 Responses to “Aero Vodochody Mulai Perakitan Jet Pelatih L-39NG”

  1.  

    albatros L-39 pesawat laku… Tapi kalau ini apakah akan laku juga sperti pendahulunya? kita liat saja…

  2.  

    kelebihanya pesawat ini memilik platform serang ringan. biasanya pesawat latih di upgrade baru memiliki platform ini.

    ada lima cantelan di pesawat latih ini yang artinya jangkau terbang nih pespur bisa jauh dan bisa pula untuk pesawat serang ringan

 Leave a Reply