Apr 242017
 

Helikopter Apache AH-64D Longbow, Angkatan Udara Republik Singapura. © Kayanne Hardsman

Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) melengkapi sejumlah helikopter serang Apache AH-64D Longbow dengan sistem misi baru untuk meningkatkan survivabilitas platform dan memperbaiki kemampuan misinya, seperti dilansir dari Flight Global.

Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) mengatakan dalam sebuah siaran pers pada tanggal 20 April bahwa program peningkatan (upgrade) mencakup memperlengkapi AH-64D dengan Helicopter Integrated Electronic Warfare System (HIEWS) yaitu sistem peperangan elektronika (PERNIKA) terpadu pada helikopter untuk meningkatkan survivabilitas dan komunikasi satelit.

“MINDEF/RSAF selalu mengambil pendekatan yang teliti dan bijaksana saat merencanakan kebutuhan pertahanan kita dan akan melengkapi helikopter untuk memenuhi persyaratan pertahanan Singapura”, kata kementerian pertahanan tersebut.

Kementerian Pertahanan Singapura masih belum menunjuk pemasok untuk peralatan baru tersebut, namun mengatakan bahwa proyek upgrade itu diperkirakan akan selesai dalam beberapa tahun ke depan, menurut siaran pers tersebut.

Flight Fleets Analyzer menunjukkan bahwa Angkatan Bersenjata Republik Singapura saat ini mengoperasikan 17 unit AH-64D dengan usia rata-rata 12,2 tahun. Pada awalnya mereka memperoleh 18 unit Apache, tapi satu hilang dalam kecelakaan bulan September 2010.

Bagikan Artikel:

  24 Responses to “Apache AH-64D Singapura Akan Mendapat Sistem “PERNIKA” Baru”

  1. Biar lebih canggih dari punya RI ya?

  2. PERTAMAX RACING

  3. Canggihan mana dgn py RI?

  4. yang untuk TNI juga enggak mau kalah juga sebenarnya harus pasang elektronik yg baru juga agar singapore enggak bisa ngejam punyanya TNI,atau beli dari rusia helicopnya…selalu yg punya TNI bisa dikadalin…percuma beli barang dari asu tapi singapore tau kelemahanya barang TNI….

  5. Tau kita mau beli heli Apache Longbow..negara Upil ga mau kalah mereka buru2 mengUpgrade seluruh Heli Apachenya agar Heli mereka selangkah lebih maju dari kita..walau mrk ga sebut vendor yg upgrade heli mereka dari mana tapi kemungkinan ada bau2 teknologi dari Israel..

  6. Hihihi… Apache Singapor Puluhan Unit… Sedangkan Indonesia Cuma Beberapa Unit…

    #Miris :(

  7. Ayo NKRI untuk mef 2 tambah lagi dong afache ya jadi 40 unit..Masa helmnya banyak belinya cuman 8Ekor..banyakan helmnya..Apa kru darat juga pake helm..

  8. Ayo…indonesia yg penting punya heli serang kelas berat dulu..utk nemenin hind…perkara besok mau diupgrade atau ditambahin yg penying punya dulu…sedikit gak papa..yg penting MBT2 kita ada pelindungnya…

  9. 8 unit Apache made in USA punya RI ckup buat ngancurin Beijing dan sluruh Tiongkok…Ayo teriakkan dengan keras: USA…USA…USA…!!!

    • Jangan ngimpi bung.

      Nggak bisa 8 unit Apache lawan seluruh Tiongkok.

      Kita bukanlah David yang melawan Goliath.

      Kita hanya bisa berteman dengan China dan tidak boleh menjadikannya musuh sama seperti kita harus berteman dengan USA dan tidak boleh menjadikannya musuh.

 Leave a Reply