Airbus Akan Rancang Pesawat Tempur Baru Gantikan Typhoon dan Rafale

Airbus telah mengungkapkan rencana untuk memproduksi pesawat tempur baru untuk menggantikan pesawat tempur Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale.

Rencana tersebut bertujuan untuk menyingkirkan F16 dan kemungkinan F-35. Proyek Airbus akan dikenal sebagai Future Combat Air System (FCAS).

“Jerman dan Spanyol telah mendaftar untuk proyek ini dan kami berharap Prancis juga akan ikut bergabung” kata Fernando Alonso, kepala cabang Airbus .

“Kami sedang mengerjakan berbagai bagian pesawat di Jerman dan Spanyol, sebagian pembiayaan berasal dari pemerintah, dan kami berharap lebih,” kata Alonso kepada Handelsblatt, surat kabar Jerman.

Alonso berharap Prancis segera bergabung dan ikut bekerja sama, dan bukan masanya lagi Eropa memiliki dua atau tiga sistem pesawat tempur yang berbeda.

Jika Prancis ikut bergabung, proyek tersebut mungkin juga mengganti pesawat tempur Rafale yang akan usang pada tahun 2030.

Pilihan lain adalah membeli pesawat tempur F-35 dari AS, namun hal itu akan bertentangan dengan tujuan Eropa untuk berdaulat dalam teknologi strategis sebagai bagian dari rencana pertahanan baru yang mencakup dana litbang sebesar 1,5 miliar Euro per tahun dan dana pengadaan bersama yang dirancang untuk merangsang proyek seperti FCAS.

Proyek Airbus datang setelah Inggris, kekuatan militer utama Uni Eropa, bersiap memulai perundingan untuk keluar dari Uni Eropa.

Defenceworld

Tinggalkan komentar